Julita Wati. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN BERBANTUAN MEDIA QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BLANGKEJEREN. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2020

Abstrak

Abstrak wati, julita. 2020. penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dengan berbantuan media quick on the draw untuk meningkatkan hasil belajar ips terpadu siswa kelas viii smp negeri 1 blangkejeren. skripsi, jurusan pendidikan geografi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. abdul wahab abdi, m. si (2) m. okta ridha m., s. pd, m. pd kata kunci: penerapan, model pembelajaran reciprocal teaching, media quick on the draw, hasil belajar model pembelajaran reciprocal teaching merupakan model pembelajaran terbalik karena siswa berperan menjadi guru untuk menyampaikan materi pelajaran, sedangkan guru berperan sebagai pembimbing siswa. media quick on the draw adalah media yang digunakan untuk pembelajaran dalam kerja tim dengan strategi cepat menjawab pertanyaan. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa; (2) aktivitas guru dan siswa; (3) keterampilan guru dalam mengelola

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN BERBANTUAN MEDIA QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE (Rivatul Savera, 2017) ,

an; (4) respon siswa terhadap pembelajaran. subjek penelitian ini ialah siswa kelas viii-4 smp negeri 1 blangkejeren dengan jumlah 26 siswa. pengumpulan data peneliian menggunakan lembar tes yaitu pre-test dan post-test, instrumen aktivitas guru dan siswa, instrumen keterampilan guru terhadap pembelajaran, dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. analisis data menggunakan statistik desktriptif persentase. hasil penelitian ini menunjukkan (1) ketuntasan individual pada siklus i sebesar 35%, menjadi 77% pada siklus ii dan 96% pada siklus iii. ketuntasan klasikal pada siklus i sebesar 40%, menjadi 60% siklus ii, dan 90% pada siklus iii. (2) aktivitas guru dan siswa meningkat dari 8 aktivitas yang sesuai pada siklus i, menjadi 11 aktivitas pada siklus ii, dan 12 aktivitas pada siklus iii. (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari 2,5 berkategori sedang pada siklus i, menjadi 3,2 berkategori baik pada siklus ii, dan 3,6 berkategori sangat baik pada siklus iii. (4) respon siswa sebanyak 93,1% siswa menjawab ya bahwa penerapan model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media quick on the draw merupakan model yang menyenangkan untuk diterapkan dan membuat siswa lebih bersemangat untuk mengikuti pelajaran. disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching dengan berbantuan media quick on the draw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 1

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : julitawati.12@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BLANGKEJEREN (Sari Aini, 2019) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (CUT PUTRI REZEKI, 2016) ,

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/ 2015 (Herman , 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi