Nurdiana. PENERAPAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci : metakognitif, hasil belajar metakognitif adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam proses belajarnya baik yang diketahui maupun yang tidak diketahuinya. metakognitif memiliki manfaat bagi siswa dalam mengontrol kegiatan belajar siswa sehingga siswa dapat meningkatkan kegiatan kognitifnya dalam proses belajar mengajar. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan metakognitif dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran fisika kelas xi ipa2 di sma laboratorium unsyiah. penelitian ini bertujuan (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. (2) mengetahui aktifitas guru dan siswa pada proses belajar mengajar. (3) mengetahui keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran. subjek penelitian ini adalah siswa kelas xi ipa2 yang berjumlah 31 orang. yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan metakognitif pada

Baca Juga : PROFIL AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF KELAS XI DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (REFA JULAINA, 2016) ,

Baca Juga : PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATANRNMETAKOGNITIF DI KELAS X SMA LAB SCHOOL UNSYIAHRNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ZANNATUN SANIAH, 2015) ,

materi teori kinetik gas di sma laboratorium unsyiah. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, dan lembar pengamatan pengelolaaan pembelajaran. berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) penggunaan pendekatan metakognitif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gas di sma laboratorium unsyiah, (2) aktivitas guru dan siswa dalam penggunaan pendekatan metakognitif telah meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan dan pemahaman kognitifnya serta dapat bekerja sama dalam melakukan diskusi, dalam menyelesaikan lembar diskusi dan mempersentasikan hasil diskusi. (3) pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga terlihat peningkatan yaitu pada siklus i yaitu 2,73, dan siklus ii yaitu 3,34. jadi pada pembelajaran di masa yang akan datang dapat digunakan pendekatan metakognitif untuk materi yang

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH (Suci Rizkina Tari, 2015) ,

HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH (Desita Yurizki, 2015) ,

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM IMUN (Maulinda Yani, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi