RISA ARWINA. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe gi, hasil belajar materi statistika pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa dalam kelompok-kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. model pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tipe di antaranya tipe group investigation (gi). model pembelajaran group investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan kreativitas siswa, dimana siswa dilibatkan sejak perencanaan baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. melalui penerapan model pembelajaran group investigation (gi) diharapkan hasil belajar siswa dalam materi statistika mencapai ketuntasan. oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul ”penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi statistika di kelas xi sma n 1 baitussalam”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABARRN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (maisarah, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Yustia Sari, 2013) ,

swa kelas xi sma n 1 baitussalam melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi) pada materi statistika. jenis penelitian ini pre exprimental dengan desain one-shot case study dengan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi sma n 1 baitussalam, sedangkan sampel diambil satu kelas yaitu xi ipa-1 yang berjumlah 25 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang berbentuk essay sebanyak 5 soal. pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak (uji pihak kiri) dan taraf signifikan 0,05. dari hasil analisis data diperoleh t_hitung=0,12 dan t_tabel=1,71 sehingga diperoleh t_hitung> -t_tabel yaitu 0,12 > -1,71 maka h_0 diterima. berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi) pada materi statistika di kelas xi sma negeri 1 baitussalam sudah mencapai ketuntasan belajar pada tingkat kkm

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL RNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Fazaliana, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KEBUTUHAN MANUSIA KELAS X PADA SMA NEGERI 1 SYAMTALIRA ARON (Yusmanizar, 2016) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PAJAK DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi