Yuli Amalia. PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMA. Banda Aceh : Fakultas Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak yuli amalia (2015). penerapan model eliciting activities untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence siswa sma. kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. kemampuan berpikir kreatif matematis diartikan sebagai sebuah kebiasaan dari pikiran yang dilatih dengan memperhatikan intuisi, menghidupkan imajinasi, mengungkapkan kemungkinan-kemungkinan baru, membuka sudut pandang yang menakjubkan, dan membangkitkan ide-ide yang tidak terduga. self confidence yaitu sebagai suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk mencapai berbagai tujuan dalam hidupnya. oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang relevan untuk melatih siswa aktif dalam mencari informasi, bekerjasama, mandiri, percaya diri (self confidence), dan mengembangkan berpikir kreatif siswa dalam mengolah dan memahami informasi

Baca Juga : KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CHALLENGE BASED LEARNING (HAYATUN NUFUS, 2018) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN BEPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Hasanul Basri, 2019) ,

ntuk menyelesaikan masalah. salah satu model pembelajaran tersebut adalah model eliciting activities yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence siswa sehingga mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dalam belajar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model eliciting activities ditinjau dari subkelompok rendah, sedang, dan tinggi, (2) gambaran self confidence siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan model eliciting activities, dan (3) korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dan self confidence siswa tentang matematika. penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan desain one-group pretest-postest design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas x sma negeri 5 banda aceh, sampel terdiri dari satu kelas (kelas eksperimen) yang diambil secara random sampling. instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan angket self confidence. uji statistik yang digunakan untuk mengalisis data peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis adalah uji anava satu jalur, sedangkan angket self confidence dihitung berdasarkan persentase. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model eliciting activities ditinjau dari subkelompok siswa. dari hasil angket self confidence siswa disimpulkan bahwa sebagian besar siswa (74,6%) memiliki sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan model eliciting activities. sedangkan hasil dari kemampuan berpikir kreatif dan self confidence mengetahui bahwa tidak terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan self confidence siswa tentang matematika. kata kunci: model eliciting activities, berpikir kreatif, self

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA (ELVIRA HAJRIDA, 2016) ,

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMPN 1 BANDA ACEH (RAUZATUL JANNAH, 2020) ,

PENERAPAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMAN 1 BANDA ACEH (LAILATUL QADRI, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi