AYU AFRIANA. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS V SDN 1 TAPAKTUAN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kata kunci: model examples non examples, penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya, ketuntasan belajar. model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples merupakan salah satu model pembelajaran yang menampilkan gambar sesungguhnya sesuai dengan materi pelajaran, sehingga diharapkan model pembelajaran ini dapat mengatasi masalah siswa di sdn 1 tapaktuan yakni proses pembelajarannya kurang menarik dan siswa tidak termotivasi dalam belajar. akibat dari masalah tersebut hasil belajar menjadi rendah tidak mencapai nilai kkm yang ditetapkan oleh pihak sekolah. berdasarkan hal tersebut, penulis mengadakan penelitian yang berjudul “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya di kelas v sdn 1 tapaktuan”. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi penyesuaian makhluk

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STADRN PADA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS V SDN MON ARA RNLUENG PUTU KABUPATEN PIDIE JAYA (riza zulaika, 2014) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 22 KOTA BANDA ACEH (husnul khatimah, 2014) ,

p dengan lingkungannya di kelas v sdn 1 tapaktuan?”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya di kelas v sdn 1 tapaktuan. pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat eksperimen semu. sampel dalam penilitian ini adalah seluruh siswa kelas v sdn 1 tapaktuan kabupaten aceh selatan yang berjumlah 23 siswa. teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. data dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan ? = 0,05. dari analisis data, diperoleh t_hitung>t_tabel = 4,29 > 1,72. berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, tolak h_0 dan? h?_1 diterima. sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya di kelas v sdn 1

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURERNDENGAN MODEL PEMBELAJARANRNEXAMPLES NON EXAMPLES (cut elisa octadiana, 2014) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII MTSN GLUMPANG MINYEUK KABUPATEN PIDIE. (Nana Risna, 2015) ,

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI PENDUDUKAN JEPANG DAN TOKOH NASIONAL DI KELAS V SDN 69 BANDA ACEH (Desiana Ginting, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi