SAKINAH WARDHATUL AINI. HUBUNGAN KARAKTERISTIK MAHASISWA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Keberhasilan suatu pelayanan kesehatan dapat dilihat dari kepuasan pasien. untuk memahami kepuasan pasien dilakukan identifikasi dengan melihat karakteristik dari masing-masing pasien. pemberi pelayanan harus memahami karakteristik pasien agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasien. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik mahasiswa dengan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan di rumah sakit prince nayef bin abdul aziz universitas syiah kuala banda aceh. jenis penelitian kuantitatif; descriptive correlation dengan desain cross sectional study. populasi penelitian seluruh mahasiswa universitas syiah kuala yang menggunakan pelayanan kesehatan poliklinik berjumlah 3.152 orang. besar sampel ditentukan dengan rumus slovin berjumlah 97 orang dengan teknik accidental sampling. alat pengumpulan data berupa kuesioner baku kepuasan konsumen the service quality (servqual). hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kepuasan mahasiswa

Baca Juga : HUBUNGAN KARAKTERISTIK MAHASISWA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (SAKINAH WARDHATUL AINI, 2019) ,

Baca Juga : INSTALASI PENERANGAN PADA RUMAH SAKIT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ UNSYIAH DESIGN OF LIGHTING INSTALLATION AT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ UNSYIAH HOSPITAL (Shela Monika, 2017) ,

41,71% yang berarti 58,29% mahasiswa belum puas dengan pelayanan kesehatan poliklinik mahasiswa, ada hubungan bidang ilmu (p-value = 0,007), tidak ada hubungan jenis kelamin (p-value = 1,00), usia (p-value = 1,00), jalur masuk (p-value = 0,935), asal daerah (p-value = 0,061), dan suku (p-value = 0,061) mahasiswa dengan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan di rumah sakit prince nayef bin abdul aziz universitas syiah kuala banda aceh . kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa dengan bidang ilmu eksakta lebih tidak puas daripada mahasiswa bidang ilmu humaniora. direkomendasikan kepada tenaga kesehatan dan rumah sakit untuk meningkatkan indeks kepuasan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan dimensi dengan prioritas tertinggi yaitu reliability, responsiveness, tangibles, empathy, dan assurance serta memahami karakteristik dari

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : sakinah.ai@mhs.unsyiah.ac.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PELAKSANAAN PROGRAM ASURANSI KESEHATAN BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA PADA RUMAH SAKIT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ DASUSSALAM BANDA ACEH (Heria Marta Mahra, 2015) ,

KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN RUMAH SAKIT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ SYIAH KUALA UNIVERSITY HOSPITAL MENURUT MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MUCHRIZAL FADLIADY, 2016) ,

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ SYIAH KUALA UNIVERSITY HOSPITAL BERBASIS WEB DENGAN PHP & MYSQL (Muhammad Zulfan, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi