Rahmah. MOTIVASI BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PKPU ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2018/2019. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak. rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor motivasi. motivasi yang dimiliki oleh siswa akan mendorong siswa untuk belajar lebih giat agar memperoleh hasil belajar optimal sesuai dengan yang mereka harapkan. tujuan riset ini yaitu untuk melihat ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar matematika dengan hasil belajar matematika siswa. pendekatan dalam riset ini yaitu kuantitatif dengan jenis pendekatan deskriptif korelasional. populasi dan sampel penelitian yakni seluruh siswa kelas viii smp pkpu yaitu sebanyak dua kelas. pengumpulan data dilaksanakan dengan memakai instrumen angket dan dokumentasi nilai hasil belajar siswa. data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif. untuk melihat ada tidaknya hubungan motivasi belajar dan hasil belajar digunakan uji korelasi product moment pearson, dengan uji-t pada taraf signifikansi 0,05. berdasarkan hasil penelitian, diketahui yakni terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan

Baca Juga : PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 KUTA BARO ACEH BESAR (Haria Yanti, 2020) ,

Baca Juga : MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017) ,

il belajar siswa kelas viii smp pkpu aceh besar tahun ajaran 2018/2019. hal ini terlihat pada hasil perhitungan korelasi, yaitu r = 0,48 dan hipotesis yang diuji dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 49 - 2 = 47. sehingga didapat t_hitung> t_tabel, yaitu 3,4 > 2,02 maka h_0 ditolak dan h_(a ) diterima. motivasi belajar yang diperoleh siswa mempengaruhi hasil belajar siswa, karenanya diperlukan motivasi agar hasil belajar meningkat. kata kunci: motivasi, belajar, hasil

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : rahmahm96@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGARUH PERILAKU ADAPTIVE HELP-SEEKING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2017/2018 (Putri Febriana, 2018) ,

PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2021/2013 (DEVI AGUSTINA, 2014) ,

KEMAMPUAN NUMERIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANGGENG, ABDYA TAHUN 2016/2017 (REZAWATIMAR, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi