Desi Amalia Sari. PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD BUNGONG SEURUNE DESA TUNGKOB KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak sari, desi amalia. 2019. pengembangan kemampuan bahasa anak usia dini melalui metode bermain peran di paud bungong seurune desa tungkob kabupaten aceh besar. skripsi. jurusan pendidikan anak usia dini. fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. amsal amri, m. pd. (2) dina amalia, s.psi., m.sc. kata kunci : kemampuan bahasa, metode bermain peran, anak usia dini. kemampuan bahasa merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini. dengan berbahasa anak dapat berinteraksi dengan lingkungannya, mengungkapkan perasaan dan bercerita tentang apa yang ia rasakan. idealnya pada usia 4-6 tahun anak sudah mampu menceritakan kembali cerita yang didengar, namun dilapangan masih terdapat anak-anak yang belum mampu menceritakan kembali cerita yang telah dibacakan atau didengar. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak dengan menggunakan metode bermain peran di paud bungong seurune, desa tungkob,

Baca Juga : MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO DI PAUD BUNGONG TANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (Madrisah, 2019) ,

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD BUNGA MELATI DESA TUNGKOP KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Ramadhani, 2019) ,

aten aceh besar. penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dalam setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitian sebanyak 15 anak, terdiri atas 10 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. teknik pengumpulan data berupa observasi dan unjuk kerja. hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perkembangan dalam kemampuan bahasa anak. pada siklus i dari 15 orang anak yang memperoleh kriteria berkembang sesuai harapan sebanyak 6 anak dengan persentase 40%. selanjutnya pada siklus ii dari 15 orang anak yang mendapat kriteria berkembang sesuai harapan sebanyak 3 anak dengan persentase 20%, dan berkembang sangat baik sebanyak 12 anak dengan persentase 80%. disimpulkan bahwa kemampuan bahasa anak berkembang melalui kegiatan bermain peran di paud bungong serurune desa tungkob kabupaten aceh

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : desiamaliasari32@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ULAR NAGA DI PAUD BUNGONG TANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (SITI HARDIANTI, 2019) ,

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT HAFIZUL’ILMI ACEH BESAR (Ria Estikawati, 2018) ,

PENGENALAN KOSAKATA BAHASA ARAB BERBASIS DO’A SEHARI-HARI DI PAUD BUNGONG TANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (May Adha, 2020) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi