NUHA FADHILAH. KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL UJIAN NASIONAL BIDANG GEOMETRI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI MTSN 2 ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak kemampuan siswa menyelesaikan soal un terutama bidang geometri masih rendah. siswa mengalami kesulitan disebabkan tidak menguasai konsep dengan baik. salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu siswa menguasai konsep geometri yaitu dengan menghadirkan pembelajaran yang mengaitkan materi dengan pengalaman siswa. pendekatan ctl memfasilitasi siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri melalui aktivitas dalam pembelajaran. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menyelesaikan soal un bidang geometri melalui pendekatan ctl dan untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran melalui pendekatan ctl pada materi geometri. populasi penelitian ini yaitu siswa kelas viii mtsn 2 aceh besar dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas viii1 yang beranggotakan 30 orang. pendekatan penelitian yang dijalankan yaitu mixed methods tipe sequential exploratory yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desaign one shot case study dan

Baca Juga : THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013) ,

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN PETA KONSEP (Mauliana, 2018) ,

ertai dengan pendekatan kualitatif. data kemampuan siswa dikumpulkan dengan memberikan tes dan data aktivitas siswa dikumpulkan dengan observasi. data kemampuan siswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji-t pihak kanan. sedangkan data aktivitas siswa dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis deskriptif. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyelesaikan soal un bidang geometri melalui pendekatan ctl sudah mencapai ketuntasan dan aktivitas siswa melalui pendekatan ctl adalah aktif. impilikasi penelitian ini yaitu guru perlu memperluas penerapan pendekatan ctl pada materi matematika lainnya untuk membantu siswa memahami konsep matematika dan melatih siswa menyelesaikan soal un. kata kunci: kemampuan siswa, ujian nasional, geometri, contextual teaching and learning, aktivitas

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : nuhafadhilah59@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 12 BANDA ACEH (RISMI WINDAYANI, 2013) ,

THE OVERVIEW OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH FOR RNELEMENTARY SCHOOL LEVEL RN(A LIBRARY RESEARCH) (Fajrinur, 2014) ,

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi