Raudhatul Jannah. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MAN 1 PIDIE. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak jannah, r. 2019. pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di man 1 pidie. skripsi, jurusan pendidikan biologi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. muhibbuddin, m.s., (2) dra. asiah m.d., m.p. kata kunci : powtoon, hasil belajar, ekskresi telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di man 1 pidie pada bulan mei 2019. penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di man 1 pidie. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan desain pretest-posttest control group. sampel dalam penelitian ini yaitu kelas xi ipa 1 sebagai kelas kontrol dan xi ipa 2 sebagai kelas eksperimen. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini 35 soal tes

Baca Juga : PENERAPAN MEDIA PREZI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (CUT MUTIA NATASYA, 2019) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 51 BANDA ACEH (FEMMY AULIA DAMAYANTI MARPAUNG, 2021) ,

jektif yang telah divalidasi dengan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. analisis data dilakukan dengan membandingkan skor kemampuan awal siswa (hasil pre-test) dengan skor kemampuan akhir siswa (n-gain) antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. perbandingan skor rata-rata diuji dengan uji beda dua rata-rata dengan uji t yaitu independent sample t-test. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen tidak berbeda nyata (thitung < ttabel yaitu 0,65 < 1,66), sedangkan kemampuan akhir (n-gain) antara siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen berbeda nyata (thitung > ttabel yaitu 1,99 > 1,66), dengan demikian dapat disimpulkan penerapan media powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di man 1

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : dhatul.jan@mhs.unsyiah.ac.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016) ,

PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS SISWA, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN. (SRI NOVAYANTI, 2018) ,

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MAN 1 KUTA BARO ACEH BESAR (mardiana, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi