Agustina. PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMAN 5 DAN SMAN 12 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Agustina. 2017. tesis. pengaruh strategi metakognitif terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di sman 5 banda aceh dan sman 12 banda aceh. pembimbing 1 dr. hasanuddin, m.si. pembimbing 2, dr. khairil, m.si. abstrak penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh strategi metakognitif terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di sma n 5 dan sma n 12 banda aceh. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2016/2017. jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest- posttest control group design. subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas xi ipa sma negeri 5 dan sma negeri 12 banda aceh, sampel pada sma negeri 5 banda aceh yang dijadikan kelas kontrol adalah ipa 4 dan kelas eksperimen adalah kelas ipa 2, sedangkan sma 12 banda aceh adalah ipa 1 sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah ipa 2. analisis data dilakukan

Baca Juga : PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM IMUN (Maulinda Yani, 2021) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PBL DIPADU MEDIA ANIMASI VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (Maulina, 2017) ,

n uji normalitas, homogenitas dan uji t. hasil penelitian menunjukkan penggunaan strategi metakognitif berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini terlihat dari hasil uji t di sma n 5 banda aceh yaitu t-hit 15,59 > t-tab 1,64 dan di sma n 12 banda aceh yaitu t-hit 15,32 > t-tab 1,645, serta berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa, terlihat pada hasil uji t di sma n 5 banda aceh yaitu 10,07 > t-tab 1,64 dan di sma n 12 banda aceh yaitu 3,68 > t-tab 1,64. kesimpulannya adalah penggunaan strategi metakognitif berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di sma n 5 dan sma n 12 banda aceh. kata kunci : strategi metakognitif, keterampilan berpikir kritis, hasil

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF (Ainuna Fasha, 2016) ,

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRANSFORMASI PADA KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH (Siti Mutiah, 2020) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi