Melda Fitriyani. MOTIVASI DAN HASILBELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 3 SYAMTALIRA ARON. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran yang konvensional merasa jenuh sehingga tidak memperhatikan penjelasan guru. rendahnya motivasi belajar siswa turut mempengaruhi ketercapaian hasil belajar siswa.sehubungan dengan permasalahan tersebut maka penulis melakukan penelitian terhadap siswa kelas viii smp negeri 3 syamtalira aron dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media geogebra pada materi bangun ruang sisi datar.hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media geogebra pada materi bangun ruang sisi datar. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan sebaran angket dan melakukan tes hasil belajar. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii di smp negeri 3 syamtalira

Baca Juga : KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Cut Mawaddatawwarahmah, 2016) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Cut Mawaddatawwarahmah, 2016) ,

aron yang terdiri dari 3 kelas.sampel penelitian ini adalah 50 siswa kelas viii yang ada di smp negeri 3 syamtalira aron.pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product-moment dari pearson dan hipotesis diuji dengan menggunakan statistik uji-t. hasil perhitungan korelasi diperoleh r = 0,85 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media geogebra. hipotesis yang diuji dengan taraf signifikan ?=0,05 dan dk = 50 – 2 = 48, diperoleh thitung> ttabel yaitu 11,18> 1,68. dengan demikian ha yang berbunyi “terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media geogebra pada materi bangun ruang sisi datar” diterima. kata kunci: motivasi, hasil belajar, geogebra dan bangun ruang sisi

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : memel.butet@yahoo.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG MELALUI MEDIA MICROSOFT POWER POINT PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SD NEGERI LAMPEUNEURUT (oza maulia, 2015) ,

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPN 8 BANDA ACEH (FURQAN, 2020) ,

PENGGUNAAN SOFTWARE CABRI 3D PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH (Onas Rahman, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi