Wiwik Fatmala. PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL DI KELAS X MAN 3 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak kata kunci : media, laboratorium virtual, model, creative problem soving (cps), bentuk molekul. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas, hasil belajar, dan tanggapan peserta didik terhadap penggunaan media laboratorium virtual dengan model creative problem solving (cps). metode penelitian menggunakan pendekatan kualitiatif dan jenis penelitian deskriptif. subjek penelitian adalah peserta didik kelas x mia 3 yang berjumlah 25 orang. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas belajar siswa, tes hasil belajar dan angket respon siswa. data diperoleh dari aktivitas peserta didik, tes hasil belajar dan angket. persentase aktivitas peserta didik yang diperoleh 81,11% yang dikategorikan baik. hasil belajar peserta didik setelah digunakannya media laboratorium virtual dengan model creative problem solving (cps) diperoleh ketuntasan peserta didik sebesar 80% sedangkan hasil perolehan ketuntasan siswa di tahun sebelumnya dengan materi yang

Baca Juga : MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (MUHAMMAD ERFANSYAH, 2016) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016) ,

a hanya 21,21% sehingga diperoleh peningkatan sebesar 58,79%. persentase tanggapan peserta didik yang memberikan respon positif terhadap penggunaan media laboratorium virtual sebesar 82.4%, menunjukkan peserta didik merasa lebih termotivasi dalam belajar. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik mengalami peningkatan, hasil belajar meningkat sebesar 58,79 % dan mayoritas peserta didik menanggapi positif belajar dengan menggunakan laboratorium virtual.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : wiwikfatmala190@yahoo.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016) ,

PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI MASALAH SOSIAL BAGI SISWA DI KELAS IV SDN 29 BANDA ACEH (AKMAL, 2014) ,

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH (Suci Rizkina Tari, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi