FAHMI RIJA ARHAS. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak kata kunci : perbandingan hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, tipe think pair share, tipe change of pairs model pembelajaran kooperatif tipe think pair share merupakan suatu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi kelas. penerapan model pembelajaran think pair share dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat informasi. penggunaan model pembelajaran ini dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam mencari dan menyampaikan informasi. penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai perbedaan hasil belajar mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan tipe change of pairs pada mata pelajaran geografi kelas xi is di sma negeri 1 baitussalam. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tersebut. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi-is 1 dan kelas xi-is 2. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, dimulai dengan

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (IRNA MAULIDAR, 2016) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (T. Darma Fatjri, 2019) ,

tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). pengolahan dan analisis data penelitian menggunakan rumus anova dan uji beda (uji-t). hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran geografi dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe change of pairs. berdasarkan perhitungan statistik uji-t pada siswa kelas xi is, maka diperoleh nilai thitung 2,6 dan ttabel 1,68 untuk taraf signifikan 5% dengan dk = 47, artinya sesuai dengan kriteria thitung > ttabel atau 2,6 > 1,68 sehingga ha diterima. dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran geografi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe change of

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : fahmirija95@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI-IIS DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Cut Nurasma, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi