FAURINA RINANDA. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak faurina rinanda (2017). penerapan model problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa smp. kemampuan komunikasi matematis siswa di indonesia masih tergolong rendah. hal ini disebabkan selama pembelajaran guru langsung menjelaskan materi dan menyelesaikan contoh soal kurang melibatkan siswa. keadaan ini menyebabkan siswa kurang aktif berinteraksi dan kurang mandiri. oleh karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (pbl). tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran pbl dan diajarkan dengan pembelajaran konvensional. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. populasi dalam penelitian adalah seluruh

Baca Juga : PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MIND MAP (Purwanti, 2016) ,

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016) ,

swa kelas vii smp negeri 3 banda aceh dengan mengambil sampel dua kelas melalui teknik random sampling. instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket kemandirian belajar siswa. uji statistik yang digunakan untuk menganalisis data peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan angket kemandirian belajar siswa adalah uji-t dan uji anava dua jalur guna melihat perbedaan peningkatan antar level siswa. berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pbl lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa terhadap matematika dalam pembelajaran dengan model pbl lebih baik daripada kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. selain itu diperoleh tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran pbl dan level siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa maupun terhadap kemandirian belajar siswa. kata kunci: komunikasi matematis, kemandirian belajar siswa, model problem based learning

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : faurina@mhs.unsyiah.ac.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMPRNDENGAN MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK (Nova Fahradina, 2014) ,

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (SAFRIDA, 2019) ,

PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (SITI RAHMAH, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi