YUSRIATI. ANALISIS HUBUNGAN MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DENGAN BUKU TEKS DAN MOTIVASI BELAJAR PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS LINTAS MINAT BIOLOGI SMAN DI KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik pada sistem ekskresi, sub konsep yang mengalami miskonsepsi dan hubungannya dengan buku teks serta motivasi belajar. penelitian ini dilaksanakan di sman 3, sman 4, sman 5, sman 12, dan sman 14 banda aceh. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. sampel penelitian berjumlah 121 peserta didik kelas xi lintas minat biologi dipilih secara purposive sampling. instrumen penelitian menggunakan tes dilengkapi certainty of respon index, lembar observasi dan angket. hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi yang dialami peserta didik sman 3 dan sman 4 masing-masing sebesar 27,00% dan 29,22% dikategorikan rendah, miskonsepsi peserta didik sman 5 dan sman 12 masing-masing sebesar 34,32% dan 37,05% dikategorikan sedang. peserta didik sman 14 mengalami miskonsepsi 24,92% dikategorikan rendah. sub konsep struktur dan fungsi organ ekskresi mengalami miskonsepsi tertinggi di empat sman, sedangkan sub konsep proses

Baca Juga : ANALISIS MISKONSEPSI GURU DAN BUKU TEKS BIOLOGI KELAS XI SMAN PADA MATERI SISTEM SARAFRN DI KABUPATEN NAGAN RAYA (IRMA HIDAYATI, 2014) ,

Baca Juga : ANALISIS MISKONSEPSI BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BACA SISWA PADA KELAS XI SMAN DI KOTA BANDA ACEH (Nurul Fajriana, 2016) ,

ekskresi mengalami miskonsepsi tertinggi di satu sman. hasil uji korelasi untuk miskonsepsi peserta didik dengan buku teks diketahui sman 3 rh=0,971>rt=0,950; sman 4 rh=0,987>rt=0,950; sman 5 rh=0,959>rt=0,950; sman 12 rh=0,966>rt=0,950 dan sman 14 rh=0,954>rt=0,950. hasil uji korelasi untuk miskonsepsi peserta didik dengan motivasi belajar diketahui sman 3

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : yusriati@mhs.unsyiah.ac.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SEBAGAI LINTAS MINAT KELAS XII MIPA SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Julita Winanda, 2019) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016) ,

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE (Fauzan, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi