KHAIRUN NISA. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media grafis pada materi ekosistem terhadap motivasi dan hasil belajar siswa sma negeri kabupaten bireuen. penelitian ini dilakukan pada tanggal 24 maret sampai 28 april 2018, menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas x sman 1 gandapura yang berjumlah 100 siswa, sman 1 kutablang yang berjumlah 90 siswa dan siswa kelas x sman 1 peusangan yang berjumlah 150 siswa. total sampel penelitian berjumlah 134 siswa. instrumen penelitian menggunakan tesuntuk mengukur hasil belajar siswadan lembar angket siswa untuk melihat motivasi belajar siswa. analisis data perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan eksperimen menggunakan uji independent samplet-test pada taraf signifikan 5%. motivasi siswa dianalisis dengan nilai

Baca Juga : PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS SISWA, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN. (SRI NOVAYANTI, 2018) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (MUHAMMAD RIFQI, 2019) ,

ata-rata. hasil penelitian menunjukkanbahwa (1) hasil belajar siswa dengan t -hitung 12,80> t- tabel 1,66 pada taraf signifikan 5%. (2) motivasi siswa pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 3,07 pada kategori cukup baik, dan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 2,15 pada kategori kurang baik. kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media grafis pada materi ekosistem berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa sma negeri kabupaten bireuen. kata kunci: problem based learning, media grafis, motivasi belajar, hasil

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : nisa93@mhs.unsyiah.ac.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016) ,

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU MINDMAP TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI BANDA ACEH (KHARINA AREEISTY, 2019) ,

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK STRIP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN 2019 (CUT ALVIANA, 2020) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi