KHALIDA ULFA. KINERJA APARATUR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU E-KTP (STUDI KASUS DI UPTD ZONA II DISDUKCAPIL PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR). Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak kinerja birokrasi dalam melayani masyarakat dituntut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan tugas birokrat. kedudukan aparatur pemerintah dalam pelayanan administrasi sangat strategis karena akan sangat menentukan sejauh mana pemerintah dan aparatur pemerintahan dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat. skripsi ini bertujuan untuk menganalisis kinerja aparatur dinas kependudukan dan pencatatan sipil dalam pelayanan administrasi terpadu e-ktp (studi kasus di uptd zona ii disdukcapil peukan bada kabupaten aceh besar), menganalisis penyelenggaraan pelayanan administrasi sudah sesuai atau tidak dengan asas-asas pelayanan publik, dan mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam pelayanan administrasi terpadu e-ktp di uptd zona ii disdukcapil peukan bada kabupaten aceh besar. penelitian ini menggunakan beberapa teori pelayanan administrasi dan menggunakan pedoman pada undang-undang no 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. metode yang digunakan

Baca Juga : PELAKSANAAN TUGAS DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) KOTA BANDA ACEH DALAM MENSOSIALISASIKAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (ATHAILLAH, 2014) ,

Baca Juga : EFEKTIFITAS KINERJA BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDA ACEH SEBAGAI PERWUJUDAN GOOD GOVERNANCE (TIARA FRISTY ANDINI, 2016) ,

dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan hasil analisis kebijakan dan analisis data yang diperoleh dari uptd zona ii disdukcapil peukan bada kabupaten aceh besar yang memberikan gambaran dan penjelasan yang tepat mengenai masalah yang dihadapi. informan penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara terbuka secara mendalam, dokumentasi dan telaah buku maupun dokumen perundang-undangan. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja aparatur dilihat melalui dari tiga indikator yaitu dari segi sumber daya manusia, proses dan kualitas pelayanan, dan sarana prasarana, dalam hal ini belum dikatakan maksimal dalam memberikan pelayanan karena masih banyak terdapat kekurangan. penyelenggaraan pelayanan publik yang ada di uptd disdukcapil peukan bada tersebut belum memenuhi asas-asas pelayanan publik secara keseluruhan karna masih terdapat beberapa asas yang belum terpenuhi yaitu ketepatan waktu penyelesaian, fasilitas, keprofesionalan. hambatan yang terjadi dari faktor internal dan eksternal dalam memberikan dan melaksanakan pelayanan administrasi. uptd zona ii disdukcapil peukan bada kabupaten aceh besar bisa lebih meningkatkan pelayanan publik dengan meningkatkan sumber daya manusia, proses dan kualitas pelayanan yang lebih maksimal dan fasilitas yang memadai. kata kunci : kinerja, pelayanan administrasi, asas-asas pelayanan

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : u.khalida@yahoo.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PERANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DALAM PEMENUHAN HAK WARGA NEGARA TERHADAP PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK DI KABUPATEN ACEH BARAT (Sitti Mariya, 2018) ,

AKUNTABILITAS BIROKRASI PELAYANAN ADMINISTRASI PUBLIK DI ACEH BARAT DAYA (STUDI KASUS DI KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU) (Iqram, 2017) ,

KEWENANGAN PENGANGKATAN PEJABAT DI LINGKUNGAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN NAGAN RAYA (Agus Jalizar, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi