Wahyuni M. Yusuf. IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM 2013. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak wahyuni (2017). implementasi pendekatan scientific dalam pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. pemerintah telah memberlakukan kurikulum 2013 sebagai upaya untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan perkembangan zaman. upaya penerapan pendekatan saintifik/ilmiah dalam proses pembelajaran sering disebut-sebut sebagai ciri khas dan menjadi kekuatan tersendiri dari keberadaan kurikulum 2013. sekolah yang telah melaksanakan kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan scientific, tidak mudah untuk menerapkan dengan baik dan benar. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan scientific yang terdiri atas lima komponen yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan. subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas xi sma labschool. data dalam penelitian ini

Baca Juga : PELAKSANAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI DI KABUPATEN PIDIE (Nurfaizah, 2017) ,

Baca Juga : HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH (Cut Wardatul Aini, 2014) ,

diperoleh dari hasil observasi terhadap kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar yang berlangsung dan hasil wawancara yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki aktivitas yang berbeda dalam setiap kegiatan. masih terdapat komponen yang belum muncul dalam pembelajaran untuk ketiga subjek dan komponen yang muncul belum seluruhnya sesuai dengan deskripsi yang diharapkan dalam pendekatan scientific. beberapa faktor yang menjadi penyebab antara lain yaitu: 1) adanya kesulitan dalam menyiapkan objek atau fenomena menarik yang dapat memunculkan rasa ingin tau siswa. hal ini menyebabkan kegiatan mengamati kurang optimal sehingga kurang meningkatkan rasa ingin tahu siswa. 2) penggunaan waktu yang kurang efektif sehingga ada komponen yang terlewatkan. 3) tingkatan kemampuan dan kepribadian subjek yang berbeda-beda. kata kunci: implementasi, pendekatan scientific, pembelajaran matematika, kurikulum 2013.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI SENI TARI DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Yeni Zuryaningsih, 2015) ,

KESIAPAN GURU KELAS TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 14 BANDA ACEHKECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (SUCI NAZIRAH, 2017) ,

KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Friantiani Safitri, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi