Ulfah Tursina Putri. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Kata kunci: model probing prompting, hasil belajar, aktivitas, tanggapan siswa, kelarutan dan hasil kali kelarutan telah dilakukan penelitian yang berjudul penerapan model probing prompting pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas xi sma negeri 4 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas dan tanggapan siswa dengan penerapan model probing prompting pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. sampel penelitian yaitu kelas xi-ia 4 yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi dan dokumentasi. instrumen penelitian yang digunakan antara lain tes kognitif pilihan ganda, lembar kerja peserta didik, lembar penilaian terhadap diskusi dan tanya jawab, lembar psikomotorik, lembar penilaian sikap, lembar observasi aktivitas siswa dan angket. sebelum

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2016) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016) ,

instrumen penelitian digunakan, terlebih dahulu dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. berdasarkan hasil tes objektif yang diberikan setelah pembelajaran berakhir, diketahui ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 93,75%. hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal. hasil observasi aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi menunjukkan persentase aktivitas yang baik yaitu pada pertemuan i mencapai 79,17%, meningkat pada pertemuan ii menjadi 88,06% dan meningkat lagi menjadi 92,50% pada pertemuan iii. hasil tanggapan siswa terhadap penerapan model probing prompting pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yaitu sebesar 82,75% dengan kategori baik. hal ini membuktikan bahwa penerapan model probing prompting dapat memotivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran, meningkatkan ketuntasan hasil belajar dan aktivitas siswa serta siswa lebih mudah untuk memahami

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : Pulfahtursina@yahoo.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH (Winda Amelia, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT DAN SATISFACTION) PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGGUL BAITUSSALAM (Noni Surisma, 2017) ,

PENERAPAN MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HASIL KALI KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Meutia Syahana, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi