Thiya Zulfira. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING DIPADU DENGAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMAN 8 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak zulfira, thiya. 2016. pengaruh metode pembelajaran collaborative learning dipadu dengan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar fisika siswa kelas x di sma n 8 banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan fisika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: drs. ngadimin m, si (2) melvina, s.pd, m.ed kata kunci : metode collaborative learning, metode tutor sebaya, hasil belajar mata pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipandang sulit oleh sebagian besar siswa sma, kerena pandangan tersebut banyak siswa yang memiliki hasil belajar yang rendah, untuk itu, guru hendaknya memilih pendekatan maupun metode yang tepat, yang mampu membangkitkan motivasi untuk hasil belajar yang lebih baik. oleh karena itu salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa adalah dengan menggunakan metode yang bervariasi. metode collaborative learning dipadu metode tutor sebaya dapat digunakan untuk

Baca Juga : PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (rusfa adini hasibuan, 2013) ,

Baca Juga : EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (sardiah, 2014) ,

tu setiap siswa dalam belajar. adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran collaborative learning dipadu dengan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar fisika siswa kelas x di sma n 8 banda aceh. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaf. metode yang digunakan adalah metode eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x sman 8 banda aceh yang terdiri dari 2 kelas yaitu x mipa 1 dan kelas x mipa 3 dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang. pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari pretest dan posttest. pengolahan data menggunakan statistik uji-t. setelah data terkumpulkan, selanjutnya data tersebut diolah, dari hasil analisis olah data menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai tes yang berdistribusi normal, dan memiliki varians yang homogen. dengan demikian penelitian dapat dilanjutkan. hasil akhir diperoleh t_hitung?t_tabel yaitu 10,7> 2,00. oleh karena itu, t_hitung berada dalam penerimaan h_a, akibatnya tolak h_0 dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hasil belajar pada materi gerak siswa kelas x di sma negeri 8 banda aceh yang diajarkan menggunakan metode collaborative learning dipadu dengan metode tutor sebaya lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional. hal tersebut membuktikan bahwa melalui bantuan dan metode collaborative learning dipadu dengan metode tutor sebaya siswa temotivasi dan bersemangat dalam belajar, sehingga hasil belajar siswa pun

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : Thiya.zulfira@yahoo.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN DI KELAS X MA SWASTA RUHUL ISLAM ANAK BANGSA (Nur Aulia Khairani, 2014) ,

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) DAN TUTOR SEBAYA RN(SUATU TINJAUAN PADA SISWA KELAS II SMP NEGERI 18 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015) (Sri Farhati, 2015) ,

PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH (juarnida, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi