RAHIMAH. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARRNIPS KELAS VII-4 SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDARNKABUPATEN ACEH TAMIANG. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kata kunci : meningkatkan hasil belajar, pembelajaran kooperatif, tipe make a match. pembelajaran tipe make a match merupakan tipe yang mencari pasangan atau jawaban dari sebuah soal yang diberi. melalui cara seperti ini diharapkan siswa mampu berpikir dengan cepat dan tanggap sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. 2) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe make a match. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas vii-4 smp negeri 4 kejuruan muda, pengumpulan data dilakukan melalui teknik dengan tes dan dokumen.data yang diperoleh dilapangan diolah dengan menggunakan kualitatif. dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa: hasil

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (CUT JULITA ZAHARA, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKERNA-MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWARNKELAS VIII PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEMRNPERNAPASAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 7RNKOTA LANGSA (Abdul Manaf, 2014) ,

lajaran siswa pada pelajaran ips smp negeri 4 kejuruan muda melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match sudah mencapai ketuntasan secara klasikal,aktivitas guru dan siswa telah mencerminkan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya ketuntasan belajar siswa. yaitu meningkat dari siklus i, siklus ii dan siklus iii, yaitu pada siklus i ada 15 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 53,57%, pada siklus ii ada 24 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 75,00%, dan pada siklus iii ada 28 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,50%. aktivitas kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a matchdalam setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu dari kategori rendah menjadi kategori

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Cut Khairul Rizqa, 2020) ,

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI LAMPEUNERUT ACEH BESAR (Cut Ati Rahmah, 2015) ,

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE MAKE A MATCH DENGAN METODE FLASH CARD DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH. (Susiani, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi