ASNIYATI. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATERI DAUR AIR DI KELAS V SD NEGERI BUENGCALA ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Ilmu pengetahuan alam (ipa) adalah sebuah mata pelajaran di sekolah dasar (sd). ipa merupakan konsep pembelajaran alam dan mempunyai hubungan yang sangat luas terkait dengan kehidupan manusia. daur air merupakan salah satu materi ipa yang masih tergolong sukar bagi siswa, hal ini disebabkan guru masih belum menerapkan model pembelajaran di kelas. akibatnya, siswa cenderung pasif, hanya menerima apa yang di sampaikan guru. salah satu model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran kooperatif tipe nht (numbered head together). penelitian yang berjudul “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe nht (numbered head together) pada materi daur air di kelas v sd negeri buengcala aceh besar” ini mengangkat masalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe nht (numbered head together) pada materi daur air dapat mencapai ketuntasan belajar siswa kelas v sd negeri buengcala aceh besar? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar melalui penerapan model

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)PADA MATERI PANTUN ANAK DI KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA ACEH (ova suriani, 2013) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPERNNUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RNKPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI 71RN BANDA ACEH (Masyita, 2014) ,

elajaran kooperatif tipe nht ( numbered heads together) pada materi daur air di kelas v sd negeri buengcala aceh besar. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas v sd negeri buengcala aceh besar tahun ajaran 2012-2013 sebanyak 25 orang. penelitian ini digolongkan sebagai penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu. pengumpulan data dilakukan melalui tes pada materi daur air dan dianalisi dengan menggunakan rumus uji-t. berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh t_hitung = 6,15 dan t_tabel =1,71. karena t_hitung > t_tabel yaitu 6,15 > 1,71 sehingga h_o ditolak dan h_1 diterima. dengan demikian dapat disimpulkan: “penerapan model nht pada materi daur air dapat mencapai ketuntasan belajar siswa di kelas v sd negeri buengcala aceh

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDRNHEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MASALAH SOSIALRNDI KELAS IV SD NEGERI 40 BANDA ACEH (Dewiana, 2015) ,

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (RINA PURNAMA SARI, 2014) ,

KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS III SD NEGERI 2 KLIENG ACEH BESAR (Maria Ulfah, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi