Jusbita. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR DI PAUD TGK CHIK MURHABAN LAMTEUBA ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak jusbita2017,mengembangkankemampuan bahasaanak melalui media kartu huruf bergambar di paud tgkchikmurhaban lamteuba acehbesar. skripsi, jurusan pendidikan guru anak usia dini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan,universitassyiah kuala. pembimbing: (1) dra. fakhriah, m.pd (2) dra. rosma elly, m.pd kata kunci: kemampuanbahasa, kartu huruf bergambar kemampuan bahasa yang baik dapat membantu anak berkomunikasi dengan lancar dengan orang-orang yang ada disekitarnya, perkembangan bahasa anak merupakan sarana berkomunikasi dengan orang lain. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui kartu huruf bergambar di paud tgk chik murhaban lamteuba kabupaten aceh besar. penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilakukan dalam 2 siklus. subjek penelitian ini adalah usia 5-6 tahun pada tk-b paud tgk chik murhaban lamteuba kabupaten aceh besar yang berjumlah 10 anak terdiri atas 5 perempuan dan 5

Baca Juga : PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PADA PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Fatmazahratun Nuraini, 2016) ,

Baca Juga : MEMPERKENALKAN HURUF ABJAD MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA ANAK TK SATU ATAP SDN 2 LAMTEUBA KABUPATEN ACEH BESAR (Ellizyar Sahnun, 2018) ,

aki. data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. hasil penelitian pada siklus 1 yang diperoleh adalah anak belum muncul 2 anak (bm); mulai berkembang 3 anak (mm); berkembang sesuai harapan 2 anak (bsh); dan berkembang sangat baik 3 anak (bsb). pada siklus ii yang diperoleh adalah anak belum muncul tidak ada (bm); kemampuan mulai muncul tidak ada (mm); kemampuan berkembang sesuai harapan menjadi 3 anak (bsh); berkembang sangat baik menjadi 7 anak (bsb). disimpulkan bahwa setelah dilakukan tindakan pada siklus ii diperoleh hasil bahwa mengembangkan kemampuan bahasa anak meningkat semenjak menggunakan media kartu huruf bergambar, kemampuan bahasa anak dilihat anak berbicara sudah lancar dan anak dapat merespon dengan baik mengenai media kartu huruf bergambar.perkembangan bahasa anak melalui kegiatan kartu huruf bergambar, menunjukkan bahwa proses pembelajaran melalui kegiatan kartu huruf bergambar dinyatakan telah berhasil. kemampuan bahasa anak melalui kartu huruf bergambar di paud tgk chik murhaban lamteuba aceh besar adalah anak sudah mampu menyebutkan lambang huruf a-z menggunakan lambang huruf dengan mencocok huruf dengan lambang huruf. developing the language ability of children through the picture letter paper in paud tgkchikmurhabanlamteuba aceh besar jusbita1, fakhriah2, rosma elly3 early childhood education study program syiah kuala university banda aceh email: jusbitajusbita@gmail.com abstract jusbita 2017, developing the language ability of children through the picture letter paper in paudtgkchikmurhabanlamteuba aceh besar. thesis, department of early childhoodteacher education, faculty of teacher training and education, syiah kuala university. counselor: (1) dra. fakhriah, m.pd (2) dra. rosma elly, m.pd keywords: language ability, illustrated card good language skills can help children communicate fluently with those around them, the development of the child's language is a means of communicating with others. this study aims to develop children's language skills through picture letters in paud tgkchikmurhabanlamteuba, aceh besar district. this research was conducted by using classroom action research method (ptk) conducted in 2 cycles.the subjects of this study were 5-6 years old in tk-b paud tgkchikmurhabanlamteuba, aceh besar district, consisting of 10 children consisting of 5 women and 5 men. research data collected through observation and performance. the results of the research on cycle 1 obtained is the child has not appeared 2 children (bm); start developing 3 children (mm); developed as expected by 2 children (bsh); and growing very good 3 children (bsb).in cycle ii obtained is child has not appeared no (bm); missing capability does not exist (mm); ability to develop as expected to be 3 children (bsh); very well developed into 7 children (bsb).it was concluded that after the action in cycle ii, it was found that developing the children's language skills increased since using the media of illustrated letter card, the language ability of the children seen by the children to speak was fluent and the children can respond well to the media of the character letter card.the development of the language of the child through the activities of illustrated letter card, indicating that the learning process through the activity of illustrated letter card is stated to have succeeded.the ability of the language of children through picture letters in paud tgkchikmurhabanlamteuba aceh besar is the child is able to mention the symbol of the letter a-z using the letter symbol by matching the letters with the letter

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : lindaayuna@yahoo.co.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK FKIP UNSYIAH (MEUTIA DESTRIANDA, 2019) ,

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF MELALUI APE BKARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK BUNGONG SEULANGA LAMTEUBA DRO KABUPATEN ACEH BESAR (Zaiyannal Isma, 2016) ,

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DI TK IDAMAN HATI SAWANG ACEH UTARA (Nurliza, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi