Isnaniah. PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI APRESIASI TARI TRADISIONAL DAERAH SETEMPAT DI SMPN 5 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci : pembelajaran, tari tradisional, kooperatif tipe picture and picture penelitian ini berjudul “perbandingan prestasi belajar siswa kelas vii dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar siswa kelas vii dalam mengapresiasi tari tradisional daerah setempat di smpn 5 bandar baru kabupaten pidie jaya”. masalah dalam penelitian ini adalah proses pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dan bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa dalam mengapresiasi tari tradisional daerah setempat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di smpn 5 bandar baru kabupaten pidie jaya. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dan mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa

Baca Juga : PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII10 SMP NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (Nurmala, 2013) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS IV SD NEGERI 36 BANDA ACEH (Novia Faradilla, 2014) ,

i tari tradisional daerah setempat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di smpn 5 bandar baru kabupaten pidie jaya. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mencoba menerapkan sebuah model yang baru dalam pembelajaran tari tradisional daerah setempat secara sistematis, faktual dan akurat. teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes unjuk kerja. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vii smpn 5 bandar baru, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas vii2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas vii1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa dari tiap kelas tersebut yaitu 29 orang. data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan statistik uji-t dengan taraf signifikan ? ? 0,05. dari perhitungan statistik tersebut, maka diperoleh t hitung = 6,54 sedangkan harga ttabel = 1,69. hal ini berarti bahwa harga t hitung yang diperoleh dari hasil penelitian lebih besar dari pada harga t tabel , maka dalam analisis data diperoleh nilai 6,54>1,69. dilihat dari nilai rata-rata siswa, nilai siswa pada kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 80,08>65,94. dengan demikian maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam pembelajaran tari tradisional daerah setempat lebik baik dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran seni tari non kooperatif tipe picture and picture dalam meningkatkan pemahaman dalam mengapresiasikan tari tradisional daerah

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE RNAND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWARNPADA KONSEP CACAT MATA KELAS VIIIARNMTSN BLANG RNBALEE KABUPATEN ACEH BARAT (Mizayanti, 2015) ,

PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 22 KOTA BANDA ACEH (husnul khatimah, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOEFERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SUHU, KALOR DAN PERPINDAHAN KELAS X1 SMAN 1 UNGGUL BAITUSSALAM (Masitah, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi