Misrawati. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA BILANGAN BULAT DI KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak misrawati. 2017. analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran pada bilangan bulat di kelas v sd negeri 69 banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. fauzi, m.pd., (2) dra. monawati, m.pd. kata kunci: analisis, kesalahan siswa, soal operasi hitung campuran, bilangan bulat dalam konteks melihat kesalahan siswa menjawab soal adalah dengan memeriksa jawaban siswa dalam menyelesaikan soal. penelitian ini berupaya mengungkapkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran pada bilangan bulat di kelas v sd negeri 69 banda aceh. secara khusus penelitian ini mendeskripsikan (1) kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran pada bilangan bulat, dan (2) penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran pada bilangan bulat. pendekatan

Baca Juga : ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DRUSSALAM (Teuku Muhajir, 2017) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 54 BANDA ACEH (NURLIA YUSFA, 2019) ,

yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. dari hasil pengolahan data 30 siswa di sekolah yang dijadikan subjek diperoleh informasi bahwa siswa kelas v sd negeri 69 banda aceh melakukan berbagai jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran pada bilangan bulat. kesalahan yang didapat berupa kesalahan konsep 25,7 %, kesalahan prinsip 2,8 %, kesalahan operasi 1,7 %, dan kesalahan akibat kecerobohan 10,4 %. adapun penyebab kesalahan yang dialami siswa antara lain kurangnya pemahaman materi operasi hitung campuran pada bilangan bulat, kurang teliti dalam menyelesaikan soal, kurangnya kemampuan berhitung, dan kurangnya kemampuan siswa dalam menggunakan aturan penyelesaian soal. simpulan penelitian ini adalah siswa kelas v sd negeri 69 banda aceh belum maksimal dalam menyerap materi yang diberikan oleh guru sehingga dalam menyelesaikan soal siswa masih melakukan kesalahan yang beragam. hal itu dapat dilihat dari jenis kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal yaitu kesalahan

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : misrawati1811@yahoo.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Nurul Amalia, 2015) ,

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015) ,

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (KASTURI SAPUTRI, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi