Triana Adhita Ramadhana. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA PEMBUATAN POLA DASAR WANITA DEWASA MATA PELAJARAN DASAR POLA DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak ramadhana, adhita triana. 2017. efektivitas model pembelajaran tutor sebaya pada pembuatan pola dasar wanita dewasa mata pelajaran dasar pola di smk negeri 3 banda aceh. skripsi, program studi pendidikan kesejahteraan keluarga, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dra. mukhirah, m.pd. (2) dra. rosmala dewi, m.pd kata kunci : tutor sebaya, prestasi belajar, dasar pola model pembelajaran tutor sebaya adalah salah satu upaya dalam mengatasai permasalahan pembelajaran dasar pola di kelas x bs 5 smk negeri 3 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam meningkatkan hasil belajar dan prestasi belajar siswa kelas x bs 5 dengan menerapkan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran dasar pola. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (ptk). subjek penelitian ini adalah siswa kelas x bs 5 smk negeri 3 banda aceh yang berjumlah

Baca Juga : EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN POLA DASAR BUSANA MELALUI SISTEM MODUL (Nurbaiti, 2021) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Syarifah Riska, 2018) ,

28 orang. teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. data observasi aktivitas guru dan siswa dianalisa secara deskriptif dengan skor rata-rata. data hasil observasi hasil belajar siswa dan prestasi belajar siswa, dianalisa dengan mendeskripsikan kegiatan guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. data tes hasil belajar siswa dianalisa dengan menggunakan tingkat ketuntasan individual dan klasikal. hasil penelitian menunjukkan siklus i hasil belajar 16 siswa (18%) kategori baik, 6 siswa (21%) hasil belajarnya cukup, dan 6 siswa yang hasil belajarnya kurang. aktivitas guru dan siswa mendapat skor rata-rata 3,5 (88%) kategori baik, dan hasil belajar siswa yang tuntas 5 orang dengan nilai rata-rata 39,83 secara klasikal (18%). pada siklus ii hasil belajar 28 siswa (90%) kategori baik, 2 siswa (14%) kategori cukup, dan 0% dengan kategori kurang. aktivitas guru dan siswa mendapat skor rata-rata 5,10 (93%) kategori baik sekali. hasil belajar siswa yang tuntas 28 orang dar total keseluruhan 28 orang dengan nilai rata-rata 88 secara klasikal (90%). dengan demikian hipotesis di terima (h?). model pembelajaran tutor sebaya dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran dasar

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : itakurnia@ymail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (sardiah, 2014) ,

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (rusfa adini hasibuan, 2013) ,

PEMBUATAN BUSANA KERJA WANITA MENGGUNAKAN POLA DASAR BUSRA (BUSRATUL HUSNA, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi