M. Rizki Ramadhan. HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI UNGGUL KOTA SUBULUSSALAM. Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal seperti psikologi, jasmani, fisiologi, panca indra dan faktor eksternal meliputi lingkungan dan sosial. salah satu faktor psikologis yang penting dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah kecerdasan emosional. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan status gizi dengan prestasi belajar siswa sma negeri unggul subulussalam. jenis penelitian adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. teknik pengambilan sampel secara stratified random sampling dari tanggal 14-20 oktober 2017 dengan jumlah sampel 172 siswa. data yang diambil meliputi kecerdasan emosional menggunakan kuesioner kecerdasan emosional, status gizi dengan indeks massa tubuh dan prestasi belajar dengan nilai raport. analisis data menggunakan uji spearman correlation. hasil penelitian di dapatkan kecerdasan emosional terbanyak adalah baik 123 siswa (71,5%), status gizi normal 127 siswa (73,8%)

Baca Juga : HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KUALITAS TIDUR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA SUBULUSSALAM (YULI DESTIANI, 2020) ,

Baca Juga : HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 BANDA ACEH (Iwan Saputra, 2015) ,

rta prestasi belajar baik 162 siswa (94,2%). hasil analisis data antara hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar diperoleh p value 0.028 dan r 0.167 hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. status gizi dengan prestasi belajar diperoleh p value 0,281 dan r -0,094 hal ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar. kesimpulan, terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar dan tidak terdapat hubungan status gizi dengan prestasi belajar pasa siswa sma negeri unggul subulussalam. kata kunci : kecerdasan emosional, status gizi, prestasi belajar.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : mrramadhan27@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Mukhlisah, 2016) ,

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 RNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Maulana Agus Syahputra, 2015) ,

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 56 BANDA ACEH TAHUN 2011 (Ayu Darniati, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi