TIA ZULIANI. PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI, PIDIE. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

abstrak zuliani, t. 2017. penerapan model discovery learning pada materi hidrokarbon di kelas xi sma negeri 1 sigli, pidie. fakultas keguruann dan ilmu pendidikan. universitas syiah kuala. pembimbing: (1) mukhlis, s.pd., m.si (2) dra. latifah hanum, m.si telah dilakukan penelitian dengan judul “penerapan model discovery learning pada materi hidrokarbon di kelas xi sma negeri 1 sigli, pidie”. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan belajar, aktivitas dan tanggapan peserta didik terhadap penerapan model discovery learning pada materi hidrokarbon. penelitian ini dilaksanakan di sma negeri 1 sigli, pidie sejak tanggal 3 juni s.d 26 juli 2017. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas xi mia 2 sma negeri 1 sigli, pidie yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. instrumen dalam penelitian ini adalah lembar aktivitas peserta didik dan

Baca Juga : PEMEBELAJARAN PROGRAM LINEAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI (Ulya Rohaizati, 2017) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Silvia Wulandari, 2018) ,

al pilihan berganda sebanyak 10 soal dan angket tanggapan peserta didik. penelitian ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan, dengan pembelajaran menggunakan model discovery learning pada materi hidrokarbon. aktivitas peserta didik diamati oleh 2 orang observer dan pada akhir pembelajaran dilakukan tes tertulis untuk melihat ketuntasan belajar dan dibagikan angket tanggapan untuk melihat tanggapan peserta didik terhadap penerapan model discovery learning. hasil penelitian ini dianalisis dengan rumus persentase. hasil pengolahan dan analisis data terhadap penerapan model discovery learning pada materi hidrokarbon diperoleh aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama, kedua, ketiga, dan keempat berturut-turut 82,50%, 86,25%, 91,25% dan 92,50%. ketuntasan belajar peserta didik sebesar 80,69% dan tanggapan peserta didik terhadap penerapan model discovery learning sebesar 89,95%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning pada materi hidrokarbon dapat diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal, aktivitas peserta didik, serta memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan model discovery learning. kata kunci: model discovery learning, hidrokarbon, aktivitas peserta didik, ketuntasan belajar, respon peserta

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH (DWI MIFTAKHUL JANNAH, 2018) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016) ,

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (muthmainnah, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi