Mika Rona Adilla. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Kata kunci: model pembelajaran quantum teaching, minat belajar siswa, hasil belajar. pembelajaran merupakan suatu proses belajar mengajar yang terjadi di dalam lingkungan sekolah yaitu interaksi antara guru dan siswa. model pembelajaran quantum teaching adalah salah satu model pembelajaran yang menciptakan lingkungan belajar menjadi menyenangkan. model pembelajaran quantum teaching juga dapat membangkitkan minat belajar siswa, seperti yang terdapat dalam kerangka quantum teaching yaitu menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran. minat belajar merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi belajar siswa. minat adalah rasa suka dan keinginan seseorang untuk mengetahui dan mempelajari sesuatu yang ia inginkan. adapun berdasarkan hasil studi pendahuluan terhadap siswa kelas vii-2 smp negeri 8 banda aceh menunjukkan bahwa siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika karena mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat sulit dan banyak perhitungan.

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019) ,

Baca Juga : MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017) ,

tian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas vii-2 smp negeri 8 banda aceh dengan penerapan model pembelajaran quantum teaching. jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan pendekatan kualitatif. subjek penelitian adalah siswa kelas vii-2 smp negeri 8 banda aceh yang terdiri atas 20 siswa. instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp), angket dan lembar observasi untuk mengukur minat belajar siswa, sedangkan hasil belajar siswa di ukur dengan menggunakan instrumen tes soal. berdasarkan hasil penelitian, minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada kelas vii-2 smp negeri 8 banda aceh termasuk ke dalam kategori minat belajar sangat tinggi dengan persentase skor angket 75,31%. sedangkan untuk hasil belajar siswa dapat dikatakan siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu terdapat 17 siswa tuntas dengan persentase 85% dan 3 siswa tidak tuntas dengan persentase

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : mikaronaadilla@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN HIMPUNAN DI KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (RIKA OKTAVIANA A, 2019) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OBSERVATION LEARNING DENGAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IS SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (NURMANSYAH PUTRA, 2020) ,

PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi