Veny Meyliani Zaiyan. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE INVESTIGASI KELOMPOK MELALUI KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTSN RUKOH BANDA ACEH PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak kata kunci : cooperatif learning tipe investigasi kelompok, pembelajaran, keterampilan proses sains, hasil belajar dalam proses belajar mengajar guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu dengan ceramah sehingga siswa hanya menerima ilmu dari guru, dalam proses belajar ini siswa mendengar, mencatat dan bertanya kepada guru tanpa menemukan dan mencari tahu sendiri, padahal dengan menemukan sendiri siswa akan lebih mengingat suatu hal. bertolak dari masalah di atas maka terangkumlah sebuah penelitian, dengan judul ”penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe investigasi kelompok melalui keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii di mtsn rukoh pada materi pesawat sederhana”. ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa, 2)bagaimana aktivitas guru dan siswa, 3)bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kelas, dan 4) bagaimana respon siswa

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE INVESTIGASI KELOMPOK MELALUI KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTSN RUKOH BANDA ACEH PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA (Veny Meyliani Zaiyan, 2017) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015) ,

hadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok melalui keterampilan proses sains dalam proses pembelajaran. subjek penelitian adalah siswa/siswi mtsn rukoh banda aceh tahun ajaran 2015/2016 kelas viii.1 yang berjumlah 32 orang. objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan penerapan model cooperative learning tipe investigasi kelompok melalui keterampilan proses sains pada materi pesawat sederhana. instrument pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, pretest-postest, dan lembar respon siswa terhadap proses pembelajaran. keempat instrument di analisis dengan menggunakan uji persentase. berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan model cooperative learning tipe investigasi kelompok melalui keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana. (2) aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model cooperative learning tipe investigasi kelompok melalui keterampilan proses sains pada materi pesawat sederhana telah meningkatkan hasil belajar siswa, ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat. (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe investigasi kelompok meningkatkan kemampuan guru kearah yang lebih baik, dapat dilihat peningkatannya adalah siklus i 2,83 pada siklus ii 3,16 dan pada siklus iii 3,89. dan (4) berdasarkan hasil respon siswa diperoleh bahwa respon siswa dalam mengikuti pembelajaran adalah posistif, karena mereka lebih dapat memahami pembelajaran dengan menggunakan model ini. model cooperative learning tipe investigasi kelompok dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran fisika dimasa yang akan datang.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : veny_meyliani@yahoo.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PEMBELAJARAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DI MTSN 2 BANDA ACEH (Nurul Afla, 2017) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS VIII-I SMPN 2 MAKMUR KABUPATEN BIREUEN (Vonna Saputri, 2015) ,

PROFIL AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII-3 PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTSN RUKOH BANDA ACEH (IRFANDI RAHMAT, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi