Azhari. PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN IPS DAN IPA (STUDI PADA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

abstrak kata kunci:prestasi belajar mahasiswa,pendidikan ips,pendidikan ipa. penelitian yang bejudul “prestasi belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan ips dan ipa”(studi pada prodi pendidikan ekonomi fkip universitas syiah kuala).menyangkut permasalahan bagaimana prestasi belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan ips dan ipa dan apakah ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa yanng berlatar belakang pendidikan ips dan ipa pada pogram studi pendidikan ekonomi fkip unsyiah. populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2011 sebanyak 62orang mahasiswayaitu 100% dari jumlah populasi dengan tingkat semester ii (dua). pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian observasi, dokumentasi dan wawancara. pengolahan data menggunakan metode analisis deskriptif (kualitatif) yaitu metode yang menggambarkan secara sistematis fakta

Baca Juga : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERASAL DARI SMA ANTARA JURUSAN IPS DAN IPA DALAM MATA KULIAH DASAR-DASAR AKUNTANSI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI (Intan Maulidanur, 2021) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI DENGAN NON BIDIKMISI SUATU STUDI PADA MAHASISWA FKIP EKONOMI UNSYIAH (Safwan, 2019) ,

dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat.berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata prestasi pada mahasiswa yang berlatar belakang ipa dan ips yaitu : (1) mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan ipa memiliki nilai rata -rata 3,16, sedangkan (2) mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan ips memiliki nilai rata - rata sebesar 3,04. dengan demikian mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan ipa lebih berprestasi dari pada mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan ips.bedasarkan hasil analisis diketahui ada beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan prestasi pada mahaiswa yang berlatar belakang pendidikan ips dan ipa, yaitu: (1) kepribadian, (2) intelegensi, (3) minat, dan (4) bakat dalam memilih prodi ekonomi. keempat faktor tersebutlah yang menyebabkan adanya perbedaan prestasi dari kedua latar belakang pendidikan ips dan

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : zhasrilabar_96@ymail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN FKIP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN(FKIP) UNIVERSITAS SYIAH KUALA (diska nadya, 2015) ,

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJARMATAKULIAH FISIKADASAR 1 DARI MAHASISWA YANG DI TERIMA MELALUI USMU DAN SNMPTN DI PRODI PENDIDIKAN FISIKARN FKIP UNSYIAH (Nazaratul Husna, 2014) ,

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG MENERIMA BIDIK MISI DENGAN MAHASISWA NON BIDIK MISI (Nanda Usvita, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi