Dwi Ermayanti. PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DI KELAS X SMK SMTI BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Kata kunci: pendekatan metakognitif, pembelajaran persamaan kuadrat salah satu pendekatan pembelajaran yang mengembangkan cara belajar siswa aktif adalah pendekatan metakognitif. pendekatan ini menitikberatkan pada aktifitas belajar siswa, membantu dan membimbing siswa jika ada kesulitan, serta membantu siswa untuk mengembangkan konsep diri apa yang dilakukan saat belajar matematika. proses pendekatan metakognitif dalam pembelajaran matematika lebih dominan pada memonitor kesadaran pengetahuan, strategi, dan proses berfikir diri sendiri melalui pertanyaan-pertanyaan sehingga hasil yang diperoleh siswa tahan lama dalam ingatan. pembelajaran persamaan kuadrat merupakan salah satu materi yang dipelajari di smk. materi persamaan kuadrat dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui pendekatan metakognitif pada pembelajaran persamaan kuadrat.pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.

Baca Juga : PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016) ,

Baca Juga : PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF (Ainuna Fasha, 2016) ,

adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design jenis one shot case study. populasi data penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas x smk smti banda aceh dan sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak satu kelas yaitu kelas xg yang beranggotakan 24 siswa. teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes. pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan kriteria pengujiannya yaitu pada taraf signifikan (?)=0,05dan derajat kebebasan (dk) = 23, tolak h_0 jika t ? t_(1-?) dan terima h_0 dalam hal lainnya. hasil pengolahan data diperoleh? t?_hitung= 2,46 dan t_tabel = 1,71, oleh karena t_hitung?t_tabelyaitu 2,46 ?1,71 maka tolak h_0dan terima h_1. hasil penelitian menunjukkan melalui pendekatan metakognitif siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar pada pembelajaran persamaan kuadrat di kelas x smk smti banda

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : dwiermayantimat13@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGUASAAN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012-2013 (Nurul Intan M, 2017) ,

PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATANRNMETAKOGNITIF DI KELAS X SMA LAB SCHOOL UNSYIAHRNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ZANNATUN SANIAH, 2015) ,

PENERAPAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Nurdiana, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi