INTAN SARI. NOTICING (PERHATIAN) GURU PADA PEMBELAJARAN DESIMAL MELALUI VIDEO. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Profesionalitas menuntut guru memiliki kemampuan mengindentifikasi situasi/kejadian penting dalam pembelajaran, menginterpretasinya, dan membuat koneksinya dengan prinsip pembelajaran umum. kemampuan tersebut dikenal dengan istilah noticing. kemampuan ini berguna untuk menangani situasi kelas yang terjadi secara bersamaan, mengakomodir kebutuhan siswa, dan melibatkan siswa selama pembelajaran. namun kenyataannya kemampuan noticing guru belum diketahui. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru 1) mengidentifikasi situasi/kejadian penting dalam pembelajaran desimal melalui video pembelajarannya sendiri, 2) menginterpretasinya, dan 3) membuat koneksinya dengan karakteristik matematika realistik. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan seorang guru mitra dari pusat penelitian dan pengembangan pendidikan matematika realistik indonesia (p4mri) universitas syiah kuala (unsyiah) sebagai subjek. data penelitian ini berupa kemampuan guru

Baca Juga : ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU DALAM MENGAJARKAN BILANGAN DESIMAL DI SEKOLAH DASAR (Fitriadi, 2016) ,

Baca Juga : PEMBUATAN VIDEO 2D PEMBELAJARAN KONVERSI SISTEM BILANGAN BINER KE DESIMAL (Diana, 2020) ,

i situasi/kejadian penting dalam video pembelajaran, menginterpretasinya, dan membuat koneksinya dengan karakteristik matematika realistik. data tersebut dikumpulkan melalui angket terbuka dan wawancara semi terstruktur yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan subjek mengidentifikasi situasi/kejadian penting dalam pembelajaran desimal melalui video pembelajarannya sendiri bervariasi. pada video pertemuan ke-1 dan 2, subjek lebih mengidentifikasi situasi/kejadian yang berkaitan dengan guru daripada siswa, sedangkan pada pertemuan ke-3 subjek lebih mengidentifikasi situasi/kejadian yang berkaitan dengan siswa daripada guru. hasil penelitian juga menunjukkan bahwa subjek menginterpretasi secara mendalam situasi/kejadian penting dalam pembelajaran desimal melalui video pembelajarannya sendiri. hasil penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa kemampuan subjek membuat koneksi antara situasi/kejadian penting dengan karakteristik matematika realistik bervariasi. pada video pertemuan ke-1 dan 2, subjek membuat koneksi antara situasi/kejadian penting dengan dua karakteristik matematika realistik yaitu masalah kontekstual yang diajukan di awal pembelajaran dan interaksi, sedangkan pada pertemuan ke-3 subjek membuat koneksi dengan dua karakteristik matematika realistik yaitu masalah kontekstual yang diajukan di awal pembelajaran, strategi/kontribusi, dan intertwin. implikasi penelitian ini yaitu perlunya pada setiap pelatihan guru memberikan perhatian khusus terhadap aspek noticing sehingga menumbuhkan pemahaman guru tentang pentingnya noticing. kata kunci: noticing, guru, bilangan desimal, video

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 8 PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMPIT AL- FITYAN SCHOOL ACEH (NURMI YANTI, 2018) ,

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Nurbaiti, 2019) ,

PEMBUATAN MODEL PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 2D PADA MATERI ATMOSFER PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA/MA (Delvia Anggreini, 2020) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi