ona yohanna. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SDN UNGGUL LAMPEUNEURUT. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak yohanna, ona. 2017. analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada mata pelajaran matematika di kelas vi sd negeri unggul lampeuneurut. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dra. monawati, m.pd, (2) mislinawati, s.pdi, m.pd kata kunci: analisis kesalahan, soal, matematika dalam konteks melihat kesalahan siswa menjawab soal adalah dengan memeriksa jawaban siswa dalam menyelesaikan soal. penelitian ini berupaya mengungkapkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada mata pelajaran matematika di kelas vi sd negeri unggul lampeuneurut. secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada mata pelajaran matematika, dan (2) penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada mata pelajaran matematika. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis

Baca Juga : ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018 DI KELAS IV SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (Juni Amal Isa Berutu, 2018) ,

Baca Juga : HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV-A SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR. (Inaya, 2018) ,

elitian yaitu deskriptif. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. dari hasil pengolahan data 68 siswa di sekolah yang dijadikan subjek diperoleh informasi bahwa siswa kelas vi sd negeri unggul lampeuneurut melakukan berbagai jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. kesalahan yang didapat berupa kesalahan fakta 0,7%, kesalahan konsep 34,1%, kesalahan prinsip 3,9%, kesalahan operasi 14,1%, dan total persentase jenis kesalahan 52,8%. adapun penyebab kesalahan yang dialami siswa antara lain kurang minatnya siswa terhadap mata pelajaran matematika, kurangnya latihan di rumah, kurangnya motivasi dari orangtua, kurang percaya diri untuk bertanya, dan kurang teliti dalam menyelesaikan soal. simpulan penelitian ini adalah siswa kelas vi sd negeri unggul lampeuneurut belum maksimal dalam menyerap materi yang diberikan oleh guru sehingga dalam menyelesaikan soal siswa masih melakukan kesalahan yang beragam. hal itu dapat dilihat dari jenis kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal yaitu kesalahan konsep

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN PADA KELAS V SD NEGERI 33 KOTA BANDA ACEH (Intan Mulia, 2014) ,

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (KASTURI SAPUTRI, 2018) ,

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020 DI KELAS IV SDN 1 BANDA ACEH (Tasya Delora Arrumy, 2020) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi