Sri Rizki Fitria. IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI MAN I BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak sri rizki fitria. 2016. implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran prakarya di man 1 banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing : (1) dra. mukhirah. m.pd., (2) dra. fitriana. m.si. kata kunci : implementasi, kurikulum 2013, mata pelajaran prakarya. struktur kurikulum merupakan konsep pengorganisasian dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru mengimplementasikan kurikulum 2013 pada mata pelajaran prakarya. secara khusus penelitian bertujuan mengetahui tanggapan guru tentang penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran prakarya, mengetahui cara guru menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran prakarya, mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran di man i banda aceh. pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah

Baca Juga : PERSEPSI GURU TENTANG MATA PELAJARAN SBDP DALAM KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (INA NILLAILI, 2018) ,

Baca Juga : KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (RAHIMA WAHYUNI, 2019) ,

deskriptif kualitatif. subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang guru yang mengajar mata pelajaran prakarya. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan teknik analisis data. berdasarkan hasil penelitian, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. pertama, kurikulum 2013 merupakan salah satu rancangan baru dari dinas pendidikan untuk memajukan mutu pendidikan. penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran prakarya juga efektif dalam membentuk karakter siswa. kedua, rpp disiapkan untuk memudahkan guru tersebut mengajar dan rpp yang disiapkan sesuai dengan kurikulum 2013. ketiga, hambatan yang dihadapi ialah masih ada diantara siswa yang sulit memahami materi pelajaran dan latar belakang pendidikan guru yang berasal bukan dari mata pelajaran prakarya. kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang dirancang oleh pusat dinas pendidikan untuk memajukan mutu pendidikan melengkapi kekurangan kurikulum sebelumnya dalam proses pembelajaran, dan kurikulum ini mampu untuk membentuk karakteristik siswa. latar belakang pendidikan guru juga harus sesuai dengan bidang pelajaran yang dijarkannya terhadap

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI SENI TARI DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Yeni Zuryaningsih, 2015) ,

PROSES PEMBELAJARAN OLEH GURU MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Cut Miftahul Jannah, 2016) ,

KENDALA GURU FISIKA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMAN KOTA BANDA ACEH (Kiki Fajariani, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi