Salmaniah. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN. Banda Aceh : Fakultas Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Salmaniah. penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep, motivasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik pada materi jamur di sma negeri 3 medan. tesis. pembimbing i. dr. cut nurmaliah, m.pd. pembimbing ii. drs. supriatno, m.si, ph.d. abstrak tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep, motivasi belajar, aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran konvensional, dan hubungan antara motivasi belajar serta aktivitas belajar terhadap pemahaman konsep peserta didik melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. metode penelitian ini adalah metode eksperimen (experimental research) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas x jurusan matematika ipa sma negeri 3 medan berjumlah 396 peserta didik yang berasal dari 11

Baca Juga : PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH (DWI MIFTAKHUL JANNAH, 2018) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI, PIDIE (TIA ZULIANI, 2017) ,

elas. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dimana jumlah peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 36. instrumen penelitian ini menggunakan tes pemahaman konsep, angket motivasi belajar, dan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik. analisis data menggunakan uji t dan uji korelasi ganda pada taraf signifikan 0,05. pemahaman konsep peserta didik diperoleh t hitung = 2,18 dan t tabel = 1,990. motivasi belajar diperoleh t hitung = 7,17dan t tabel = 1,990. aktivitas belajar peserta didik diperoleh t hitung = 17,25 dan t tabel = 1,990 artinya ada perbedaan pemahaman konsep, motivasi belajar, aktivitas belajar pada kedua kelas. hubungan antara motivasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik terhadap pemahaman konsep diperoleh r = 0,56 yang berarti memiliki hubungan yang cukup. kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan pemahaman konsep, motivasi belajar, aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran konvensional, terdapat hubungan positif antara motivasi belajar serta aktivitas belajar peserta didik terhadap pemahaman konsep melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep, motivasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik secara optimal, maka diharapkan guru biologi dapat menerapkan model pembelajaran discovery learning yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. kata kunci: model pembelajaran discovery learning, pemahaman konsep, motivasi belajar, aktivitas belajar peserta didik, materi

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Silvia Wulandari, 2018) ,

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI PIR BATEE PUTEH V ACEH BARAT (Anisah, 2019) ,

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi