Ainuna Fasha. PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Ainuna fasha (2016). peningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa melalui pendekatan metakognitif kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis merupakan dua aspek berpikir kompleks yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. oleh karena itu perlu adanya pendekatan pembelajaran yang tepat guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa. salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan ini adalah pendekatan keterampilan metakognitif. penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas xi sman 3 banda aceh dengan

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM POSING. (Rifaatul Mahmuzah, 2014) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLRM BASED LEARNING DI SMP PKPU ACEH BESAR (Masitah, 2019) ,

sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui teknik purposive sampling dari enam kelas yang tersedia. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan tes berpikir kritis matematis siswa. untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji-t. berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan penggunaan pendekatan keterampilan metakognitif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa, serta terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan peringkat siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. kata kunci: pendekatan metakognitif, pemecahan masalah, berpikir

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUKRNMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF RNDAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (Jumiati, 2014) ,

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017) ,

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MTSN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (MAWADDAH, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi