nurul rahmah. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS LV SD NEGERI 33 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Penelitian yang berjudul “penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber daya alam dengan lingkungan di kelas iv sd negeri 33 banda aceh” ini mengangkat masalah: 1) bagaimana aktifitasi siswa dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber daya alam dengan lingkungan di kelas iv sd negeri 33 banda aceh?, 2) apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber daya alam dengan lingkungan dapat mencapai ketuntasan belajar siswa di kelas iv sd negeri 33 banda aceh?. penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui aktifitasi siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber daya alam dengan lingkungan di kelas iv sd negeri 33 banda aceh. 2) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber daya alam dengan lingkungan di kelas iv sd negeri 33 banda aceh. populasi dalam

Baca Juga : PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI LAMPEUNERUT ACEH BESAR (Cut Ati Rahmah, 2015) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (CUT JULITA ZAHARA, 2014) ,

penelitian ini adalah seluruh siswa kelas iv sd negeri 33 banda aceh tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 orang, sedangkan sampelnya adalah seluruh siswa kelas iv sd negeri 33 banda aceh yang jumlahnya 30 orang. jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan instrument yaitu: lembar observasi aktifitas siswa, dan tes hasil belajar. data dianalisis dengan mengunakan rumus persentase. setelah data dianalisis diperoleh kriteria setiap syarat-syarat yang diharapkan dalam pembelajaran yaitu: aktifitas siswa selama pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match meningkat pada setiap pertemuan yaitu pertemuan pertama 3 kategori baik, pertemuan ketiga 3,6 kategori baik sekali, dan pertemuan yang ketiga 3,7 kategori baik sekali serta ketuntasan belajar siswa adalah tuntas sebesar 93,33%. dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber daya alam dengan lingkungan menunjukkan bahwa aktifitas siswa baik sekali dan mencapai ketuntasan belajar siswa, ini terlihat dari tes hasil belajar siswa yang melebihi

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI IPS TERPADU DAN KEAKTIFAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BROKEN TRIANGLE DAN TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA VISUAL PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (HARMAYUNITA, 2020) ,

PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAM MEMAHAMI TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 TELKOM BANDA ACEH (SAPRIATON SAKDIAH, 2018) ,

“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS V SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Syarifah Mursyida, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi