Miftahul Izzati. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOMBINASI TIPE LISTENING TEAM DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS-3 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Kata kunci : pembelajaran, tipe listening team, problem solving, hasil belajar latar belakang masalah pada penelitian ini, penulis melihat rendahnya kemampuan siswa dalam menguasi pelajaran geografi, disebabkan karena penyajian pembelajaran yang kurang bervariasi dan menyebabkan hasil belajar siswa masih berada di bawah kriteria ketutasan minimal. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe listening team dan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi; (2) bagaimana keterampilan guru; (3) bagaimana aktivitas guru dan siswa; (4) bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe listening team dan problem solving. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe listening team dan problem solving; (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEKNIK TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRANATA SOSIAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR (Handayani, 2013) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Siti Asra, 2019) ,

(3) aktivitas guru dan siswa yang dalam mengelola pembelajaran; (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe listening team dan problem solving; subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi ips 3 sma negeri 8 banda aceh yang berjumlah 21 orang, objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe listening team dan problem solving. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan angket respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar. analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil penelitian (1) persentase ketuntasan klasikal terjadi peningkatan dari siklus pertama 81 persen dan siklus kedua 90 persen. persentase ketuntasan individual juga terjadi peningkatan dari siklus pertama 70 persen dan kedua 90 persen (2) keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe listening team dan problem solving meningkat dari katagori baik menjadi sangat baik; (3) aktivitas guru dan siswa mencerminkan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe listening team dan problem solving; (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe listening team sangat baik dan

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Dian Amalia, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MESJID RAYA (Dini Ayunda, 2020) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TIPE LEARNING TOGETHER PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR. (Zia Ludhfi, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi