Mila Rahayu. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X MAN DARUSSALAM. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Kata kunci : model pembelajaran, kancing gemerincing, prestasi belajar model pembelajaran kancing gemerincing dilakukan karena kurangnya interaksi dan pertukaran pemikiran dari siswa dan guru sehingga banyak siswa yang pasif dalam pembelajaran geografi. model pembelajaran kancing gemerincing memberikan kesempatan kepada anggota kelompok dapat berperan untuk memberikan kontribusi dan mendengarkan pandangan anggota kelompok lain. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan prestasi belajar geografi, (2) aktivitas guru dan siswa, (3) kemampuan guru mengelola pembelajaran geografi dan (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kancing gemerincing. subjek penelitian adalah siswa kelas x-1 man darussalam yang berjumlah 34 orang. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. analisis data menggunakan statistik deskriptif

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (samidar, 2013) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X MAN DARUSSALAM (Mila Rahayu, 2013) ,

ersentase. hasil penelitian dengan (1) persentase ketuntasan secara individual meningkat dari siklus i 34 siswa ada 7 siswa yang belum tuntas dan siklus ii dari 34 siswa hanya 2 siswa yang belum tuntas. persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 79,41% menjadi 94,12%. (2) aktivitas guru yang dominan adalah menugaskan siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi agar siswa mengeluarkan pendapatnya dan memberikan kontribusinya. pada siklus i aktivitas guru sebesar 16% kategorinya sesuai dan siklus ii aktivitas guru sebesar 17% kategorinya sesuai. aktivitas siswa yang dominan adalah mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan mengeluarkan pendapatnya dan mendengarkan kontribusi dari kelompok lain. pada siklus i aktivitas siswa sebesar 15% kategorinya kurang sesuai dan siklus ii aktivitas siswa sebesar 17% kategorinya sesuai. (3) keterampilan guru dalam pembelajaran kancing gemerincing meningkat dari kategori cukup baik, menjadi baik. (4) respon siswa 90% mengatakan senang dan 80,8% merasa baru dengan komponen pembelajaran. 82% berminat untuk mengikuti pembelajaran selanjutnya, 85% jelas bahasa yang digunakan guru, dan 97% siswa dapat memahami materi dengan menggunakan model pembelajaran kancing gemerincing.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID DI SMAN 1 PEUKAN BADA (Meri Hardina, 2019) ,

PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Jul Siga Putra, 2017) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 1 SEULIMUM (Zurriati, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi