mirna. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Kata kunci : model pembelajaran, tipe index card match, hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe index card match merupakan suatu model pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar aktif agar siswa mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan daya kreatifitas. rumusan masalah penelitian adalah; (1) apakah pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (2) bagaimana keterampilan guru mengelola pembelajaran; (3) aktivitas guru dan siswa terhadap pembelajaran; (4) bagaimana respon siswa. penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match; (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; (3) aktivitas guru dan siswa yang mencerminkan model pembelajaran index card match; (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran tipe index card match. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas vii-2 smp negeri 1

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (Syarifah Melda Selvia, 2019) ,

Baca Juga : UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS VIII-1 MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Agustina, 2014) ,

darussalam yang berjumlah 22 orang. objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe index card match. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan angket respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui model pembelajaran tipe index card match. analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil penelitian (1) model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 82 persen pada siklus i dan 95 persen pada siklus ii, dan persentase ketuntasan individual pun meningkat dari 70 persen pada siklus i menjadi 90 persen pada siklus ii; (2) keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match meningkat dari katagori baik menjadi sangat baik; (3) aktivitas guru dan siswa mencerminkan pembelajaran index card match; (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match adalah 91 persen dari 22 siswa berpendapat bahwa belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pola kegiatan ekonomi penduduk dan penggunaan lahan berdasarkan kondisi fisik permukaan

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNYANG MENGGUNAKAN MODEL MAKE-A MATCH DAN INDEX CARD MATCH DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (SYARIFAH MAWADDAH MISWAR, 2015) ,

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMAN 1 KOTA SABANG (nurmahalis, 2013) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL THE FIRING LINE DENGAN MODEL INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARANGEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (ULLI YANA, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi