fajriah. ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DALAM MENYELESAIKAN MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak fajriah. 2016. analisis kemampuan problem solving dalam menyelesaikan materi aritmatika sosial siswa kelas vii smp negeri 7 banda aceh tahun ajaran 2015/2016. skripsi, jurusan pendidikan matematika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. salasi r, m. pd., (2) dra. suryawati, m. pd. kata kunci: kemampuan, problem solving model polya, aritmatika sosial problem solving merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting karena dalam proses pembelajaran dan penyelesaiannya, siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang telah dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah yang bersifat tidak rutin. salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah menengah adalah mengarahkan siswa untuk mampu memecahkan masalah. namun kenyataannya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah masih rendah. upaya guru membantu siswa untuk melakukan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan melatih

Baca Juga : PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Emilia, 2014) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN ARITMATTIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP METHODIST BANDA ACEH (Cici Prastika, 2017) ,

ngkah model polya. dengan demikian, kemampuan problem solving menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh peserta didik di sekolah menengah. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah campuran antara kuntitatif dan kualitatif. pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengetahui kemampuan problem solving dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial siswa kelas vii smp negeri 7 banda aceh melebihi nilai kkm. sedangkan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan pada setiap langkah problem solving model polya. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vii smp negeri 7 banda aceh, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas vii-7 yang berjumlah 28 siswa. pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes dan wawancara. data yang telah diperoleh melalui tes dianalisis menggunakan statistik uji-t dengan taraf signifikan = 0,05. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan problem solving dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial siswa kelas vii smp negeri 7 banda aceh melebihi nilai kkm dan (2) terdapat perbedaan kemampuan pada setiap langkah problem solving model polya. perbedaan tersebut ditinjau dari dua kategori yaitu perbedaan kemampuan yang baik dan perbedan kemampuan yang tidak baik untuk setiap langkah model polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PROBLEM SOLVING PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS IV SDN 22 BANDA ACEH (Mila Siarama, 2019) ,

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016) ,

PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI KELAS IV DI SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Nurjani, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi