Mimilaida. PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

`abstrak kata kunci: kartu domino, hasil belajar, tanggapan, aktivitas dan sistem periodik unsur. telah dilakukan penelitian dengan judul “pengembangan media kartu domino pada materi sistem periodik unsur untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas x di sma negeri 1 krueng barona jaya”. tujuan penelitian ini untuk (1) mengembangkan media kartu domino, (2) mengetahui hasil belajar (3) aktivitas dan (4) tanggapan peserta didik setelah mempelajari materi sistem periodik unsur. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian research and development (r&d) menggunakan model addie (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling sehingga subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas x mia 2 sma negeri 1 krueng barona jaya yang berjumlah 20 orang. pengumpulan data diperoleh melalui lembar kelayakan media untuk melihat media yang telah dikembangkan layak

Baca Juga : PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MATERI KOLOID UNTUK SISWA KELAS XI MIA 2 (Mawaddah, 2017) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL LEARNING TOGETHER (LT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK MOLEKUL DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Reza Resita Vonna, 2020) ,

au tidaknya digunakan. hasil belajar peserta didik diperoleh dari 3 ranah yaitu pengetahuan (soal tes yang tertera pada media kartu domino dan soal tes pada akhir pembelajaran), keterampilan (lembar penilaian keterampilan) dan sikap (lembar penilaian sikap). lembar aktivitas peserta didik digunakan untuk menilai aktivitas peserta didik. lembar angket tanggapan digunakan untuk melihat tanggapan peserta didik mengenai media kartu domino. hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media kartu domino mendapatkan persentase kelayakan media sebesar 96,40%. hasil belajar peserta didik dari ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap secara berurutan diperoleh sebesar 86,23%, 80,95% dan 85,94%. aktivitas peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 73,33% pada pertemuan i dan 89,50% pada pertemuan ii. peserta didik memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran menggunakan media kartu domino sebesar 87,14%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media kartu domino dapat digunakan pada proses pembelajaran dengan kategori sangat layak, hampir seluruh peserta didik yaitu sebesar 86,23% mampu menguasai materi sistem periodik unsur dibandingkan dengan nilai un pada tahun ajaran 2014/2015 hanya 54,47% yang menguasai materi sistem periodik unsur, aktivitas peserta didik dalam kategori sangat baik dan peserta didik memberikan tanggapan terhadap media kartu domino dalam kategori baik sekali. berdasarkan hasil penelitian ini menyarankan agar adanya manajemen waktu yang efektif dan efesien terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media kartu domino agar peserta didik benar-benar bisa memanfaatkan waktu untuk berdiskusi dan memahami materi yang dipelajari, guru hendaknya selalu berupaya untuk menggunakan media pembelajaran yang berbeda, lebih aktif dan komunikatif agar selama proses pembelajaran dapat menarik perhatian peserta didik untuk

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI STRUKTUR ATOM (Marina Fridayani, 2016) ,

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KIMIA PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Yunita Sari, 2019) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DIVARIASIKAN DENGAN PERMAINAN CONGKLAK PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Dara Sasmita, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi