ANNISA FITRIA. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP N 2 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak kata kunci : pembelajaran, problem solving, prezi, hasil belajar, ips terpadu salah satu masalah permasalahan yang dialami oleh sebagian besar siswa dalam pembelajaran adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu. hal ini berhubungan dengan model pembelajaran konvensional, oleh karena itu perlu diterapkan model problem solving. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa; (2) keterampilan guru; (3) aktivitas guru dan siswa; dan (4) respon siswa terhadap model pembelajaran problem solving berbantuan prezi. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii-4 smp negeri 2 banda aceh yang terdiri dari 29 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, tes hasil belajar siswa, dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran problem solving yang telah dilaksanakan. analisis data menggunakan

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REASONING AND PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 1 TAMIANG HULU KABUPATEN ACEH TAMIANG (Ruasniati, 2013) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PREZI DENGAN MEDIA POSTER PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII MTSN 2 BANDA ACEH (Intan Mulia Sari, 2016) ,

tatistik deskriptif persentase. hasil penelitian diperoleh bahwa (1) persentase ketuntasan individual pada siklus i yaitu 62 persen dan pada siklus ii 89 persen. secara klasikal persentase ketuntasan pada siklus i yaitu 60 persen, sedangkan pada siklus ii meningkat menjadi 90 persen; (2) aktivitas guru dan siswa dikatakan meningkat dari siklus i ke siklus ii; (3) keterampilan guru pada siklus i memperoleh skor 2,8 dengan kategori baik, pada siklus ii dikategorikan sangat baik dengan skor 3,6; dan (4) respon siswa positif terhadap penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan media prezi. hal ini terlihat dari respon siswa terhadap cara guru menerangkan materi pelajaran 89 persen mengatakan menarik; 100 persen respon siswa mengatakan model pembelajaran baru; 93 persen siswa mengatakan penerapan model problem solving berbantuan prezi dapat memperjelas pemahaman terhadap materi pelajaran; berkaitan dengan komponen-komponen pembelajaran, 100 persen siswa mengatakan materi yang dipelajari menarik; 86 persen soal yang digunakan baik; 89 persen siswa mengatakan suasana kelas menyenangkan; dan 100 persen siswa mengatakan penampilan guru menarik. berkaitan dengan minat untuk mengikuti pelajaran berikutnya, 82 persen siswa menjawab berminat. penggunaan model pembelajaran problem solving berbantuan media prezi dapat memperjelas pemahaman siswa menjawab 96

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Widya Mardiah, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Fitria Mustika, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi