Amna. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI MAN BANDA ACEH 1. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Telah dilakukan penelitian dengan judul “penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa xi banda aceh 1”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas siswa, dan tanggapan siswa dengan penerapan model pbl dalam proses pembelajaran. penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek penelitian diambil dengan teknik random sampling yaitu terpilihnya siswa kelas xi-ia-1 yang berjumlah 33 orang siswa, terdiri dari 23 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. sumber data berasal dari guru dan siswa. pengumpulan data dilakukan melalui instrumen-instrumen seperti lembar observasi aktivitas siswa, tes objektif dan angket. hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pbl secara klasikal mencapai ketuntasan sebesar 84,38% dan termasuk dalam kategori baik, hal ini menujukkan adanya peningkatan ketuntasan

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI MAN BANDA ACEH 1 (Amna, 2015) ,

l belajar dibandingkan dengan nilai ulangan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang diperoleh oleh siswa pada tahun ajaran 2013/2014 dengan presentase ketuntasan sebesar 3,33%. hasil observasi aktivitas siswa menggunakan lembar observasi menunjukkan presentase sebesar 82,59% termasuk dalam kategori baik. hasil presentase angket tanggapan siswa diperoleh 87,95% siswa yang memberikan tanggapan positif dan 12,05% siswa yang memberikan tanggapan negatif terhadap penerapan model pembelajaran pbl. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dan aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan penerapan model pbl, dan siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH (Ulfah Tursina Putri, 2018) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT DAN SATISFACTION) PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGGUL BAITUSSALAM (Noni Surisma, 2017) ,

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MAN DARUSSALAM (Aynani Tajrian, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi