Kartika Sarah. HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci: motivasi, prestasi belajar motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. prestasi belajar akan optimal jika ada motivasi. tinggi rendahnya motivasi belajar siswa turut mempengaruhi ketercapaian prestasi belajar siswa. sehubugan dengan permasalahan tersebut, maka penulis melakukan penelitian terhadap siswa kelas vii smp negeri 8 banda aceh dengan tujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas vii smp negeri 8 banda aceh tahun pelajaran 2014/2015. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vii smp negeri 8 banda aceh tahun pelajaran 2014/2015. sampel penelitian ini adalah 30 siswa kelas vii smp negeri 8 banda aceh tahun pelajaran 2014/2015. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan sebaran angket dan dokumentasi. pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product-moment sederhana dan

Baca Juga : HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES SEKOLAH DASAR NEGERI 3 MUARA BATU TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (MUSLICH, 2014) ,

Baca Juga : PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 RNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Maulana Agus Syahputra, 2015) ,

ipotesis diuji dengan menggunakan statistik uji-t. hasil perhitungan korelasi diperoleh r = 0,53 menunjukkan bahwa motivasi belajar memberikan kontribusi positif sebesar 28,09% terhadap prestasi belajar siswa kelas vii smp negeri 8 banda aceh sedangkan 71,91% ditentukan oleh faktor lain. hipotesis yang diuji dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 30 2 = 28, diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 3,3075 > 1,70. dengan demikian, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas vii smp negeri 8 banda aceh tahun pelajaran 2014/2015. hasil penelitian juga ditemukan bahwa motivasi belajar berada pada kategori sedang.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR (PENELITIAN DILAKUKAN PADA SMA NEGERI I KEMBANG TANJUNG) (Rosnida z, 2021) ,

PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DAN HUBUNGANNYA DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP (Julia Noviani, 2014) ,

HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNSYIAH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Desy, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi