Ornila Zumarni. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI DAN ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS X-MIA 1 SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci : team quiz, pembelajaran, hasil belajar salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz. penelitian yang berjudul “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi optika geometri dan alat-alat optik kelas x-mia1 sman 1 krueng barona jaya aceh besar” ini bertujuan untuk melihat bagaimana hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, serta tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz. subjek penelitian ini adalah siswa- siswi kelas x mia 1 sman 1 krueng barona jaya tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 17 siswa. pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif dimana data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode statistik dan dijelaskan kembali menggunakan kata.

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEKNIK TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRANATA SOSIAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR (Handayani, 2013) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Dian Amalia, 2014) ,

kan jenis penelitian yang digunakan adalah ptk. instrumen pengumpulan data penelitian yaitu lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar kerja siswa, dan lembar respon siswa terhadap kegiatan pbm dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz yang keempatnya dianalisis menggunakan uji persentase. berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz telah meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini telah mencerminkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz lebih berpusat pada siswa (2) pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga terlihat meningkat yaitu pada siklus i 3,16, siklus ii 3,81 dan siklus iii 4 (3) respon siswa terhadap kegiatan belajar bersifat senang, berminat dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran dengan diterapkannya model kooperatif tipe team quiz (4) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi optika geometri dan alat-alat optik di sma negeri 1 krueng barona

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN METODE NON-DIRECTIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMAN 12 BANDA ACEH (Dwi Agus Tianingsih, 2016) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TW) PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (Fanilawati, 2016) ,

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Rahmi Yulis, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi