Syuhada Annisa. PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MIKROSKOPIK KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA PADA SISWA SMA NEGERI 13 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Kata kunci: macromedia flash, konsep, pemahaman siswa,media, mikroskopik penelitian yang berjudul “penerapan media pembelajaran berbasis macromedia flash untuk meningkatkan pemahaman mikroskopik konsep kesetimbangan kimia pada siswa sma negeri 13 banda aceh” ini mengangkat masalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas xi sma negeri 13 banda aceh memahami gambaran mikroskopik dan pemahaman konsep siswa pada materi kesetimbangan kimia sebelum dan setelah adanya penerapan media macromedia flash pada proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman mikroskopik siswa, pemahaman konsep siswa, dan meningkatkan aktivitas siswa ketika pembelajaran berlangsung dengan adanya media pembelajaran macromedia flash. populasi penelitian ini adalah siswa kelas xi sma negeri 13 banda aceh tahun pelajaran 2014/2015 yag berjumlah 12 siswa. metode yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, angket, lembar observasi dan

Baca Juga : EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MULTIMEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA DI MTSN 4 BANDA ACEH (Nika Meldian, 2018) ,

Baca Juga : PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Nurhidayati, 2017) ,

ara, serta pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan nilai persentase rata-rata. hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase kemampuan rata-rata pemahaman mikroskopik siswa dan hasil belajar kognitif siswa pada saat posttest adalah 81,67 dengan kategori tingkat pemahaman siswa baik sekali dan hasil belajar tergolong tuntas. persentase rata-rata pemahaman konsep siswa pada saat posttest adalah 75 dengan kategori baik. nilai persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua dengan nilai 70,59% (tergolong tinggi) menjadi 82,35% (tergolong sangat tinggi) pada pertemuan kedua. disarankan penelitian yang berhubungan dengan pemahaman mikroskopik siswa dilakukan di sekolah yang memiliki siswa yang berdaya serap tinggi, jam pelajaran 5 jp dengan setiap 1 jp adalah 45 menit serta adanya praktikum untuk menyajikan perubahan secara nyata.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI HUKUM LAVOISIER KELAS X MIPA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Evi Tri Octari, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Fahrina, 2018) ,

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 (Ulfanuriza, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi