ZAHRATUN RAHMI. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 12 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci: penerapan, student facilitator and explaining, hasil belajar, geografi penelitian ini tentang penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas x sman 12 banda aceh. model pembelajaran student facilitator and exlplaining mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dengan mengemukakan pendapatnya melalui bagan atau peta konsep. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa kelas x iis 3 sman 12 banda aceh dengan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining; (2) aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran geografi melalui penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining; (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan model student facilitator and explaining; (4) respon siswa terhadap model pembelajaran student facilitator and explaining. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas x iis 3 yang

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Mega Novita Sari, 2019) ,

Baca Juga : PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA N 8 BANDA ACEH (Juli Melya Sari, 2013) ,

ah 24 siswa. teknik analisis data hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan rumus persentase. analisis data keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan skor rata-rata, yaitu skor 3,51-4,00: sangat baik, skor 2,51-3,50: baik, skor 1,51-2,50: sedang, dan skor 1,00-1,50: kurang baik. temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dari 24 siswa terdapat 7 siswa yang tidak tuntas pada siklus i sedangkan pada siklus ii hanya 3 siswa yang tidak tuntas. ketuntasan klasikal meningkat dari 62,5 persen menjadi 87,5 persen. semua aktivitas guru dan siswa pada siklus ii sesuai dengan waktu yang ditetapkan. keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori cukup menjadi baik pada siklus ii dengan skor rata-rata 3,41. respon siswa terhadap model pembelajaran student facilitator and explaining sangat positif, 83 persen siswa menyatakan pembelajaran menarik dan suasana kelas menyenangkan, serta dapat memperjelas pemahaman siswa tentang materi yang dipelajari dengan persentase 96

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Fajriana, 2013) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Munadia, 2018) ,

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Rosnita, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi